Sukses

Suryadharma Ali: Karier Politik Saya Hancur Seketika

Terdakwa kasus korupsi penyelenggaraan haji Suryadharma Ali atau SDA membacakan eksepsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali atau SDA mengaku tidak percaya dengan dakwaan jaksa Penuntut Umum pada KPK yang menyebutnya telah melakukan korupsi terkait penyelenggaraan ibadah haji. Ia pun meminta hakim menolak dakwaan jaksa.

Dalam nota keberatan atau eksepsi yang disampaikan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (7/9/2015), mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini bahkan menyebut proses hukum yang dilakukan KPK merupakan tragedi bagi keluarganya.

"(Penetapan) sebagai tersangka ini sungguh menjadi tragedi kehidupan bagi saya, istri, anak, menantu, cucu dan semua keluarga besar saya," ujar Suryadharma Ali.

Tidak hanya kehancuran bagi kehidupan keluarganya, SDA mengaku penetapan sebagai tersangka juga menghancurkan karier politik yang telah dibinanya selama lebih dari 17 tahun.

"Martabat saya sebagai Ketua Umum DPP PPP dan Menteri Agama runtuh hingga di bawah garis nadir. PPP yang saya bina kurang lebih 17 tahun, pecah berkeping dua. Karier politik saya hancur dan terhenti seketika," kata dia.

Ia bahkan mengatakan bahwa dakwaan Jaksa yang menyebut telah terjadi kerugian negara hingga puluhan miliar akibat pengelolaan ibadah haji adalah bohong belaka.

"Ternyata kerugian keuangan negara angka yang disebutkan di atas bohong belaka karena tidak sesuai dengan angka-angka yang didakwakan penuntut umum KPK pada saya," kata dia yang membacakan eksepsi sambil berdiri.

Atas dasar itu, maka Suryadharma Ali menilai bahwa surat dakwaan yang dibuat Jaksa tidak cermat, kabur dan mengada-ngada. "Karena itu saya mohon kepada yang Mulia Majelis Hakim untuk menolak dakwaan tersebut," pungkas SDA. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini