Sukses

Kebakaran di SPBU dekat Patra Jasa Hanguskan 2 Mobil

Dua mobil tipe minibus terbakar di SPBU 34-12902 dekat Gedung Patra Jasa, Jalan Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Dua mobil minibus terbakar di SPBU 34-12902 dekat Gedung Patra Jasa, Jalan Gatot Subroto, Setiabudi, Jakarta Selatan pukul 14.00 WIB, Selasa (1/9/2015). Sumber api diduga berasal dari alat terra (pengukur bensin yang keluar dari dispenser) yang sedang diletakkan di dispenser nomor 4 SPBU tersebut.

Hal tersebut menimbulkan kepanikan karena jarak antara alat terra dengan mobil tangki bensin dan sumur penampung bensin terbilang dekat, hanya beberapa meter.

"Saat alat terra kebakar, saya dan beberapa petugas langsung mendorong alat itu ke pinggir supaya tidak merambat ke dispenser," ujar seorang marinir Kopda Makmur di lokasi, Selasa (1/9/2015).

Makmur mengatakan, ia dan beberapa petugas SPBU berusaha melakukan pemadaman dengan 10 alat pemadam api ringan (APAR), namun angin bertiup kencang dan membawa lidah api sehingga merambat ke mobil yang terparkir di dekat area pemadaman. Alhasil mobil Honda Mobilio B 1344 TYI dan Toyota Kijang Innova B 1236 PGY hangus dilalap si jago merah.

"Di dekat mobil tersebut ada mobil tangki yang berisi 32 ribu liter bbm pertalite. Kami semakin panik dan akhirnya cuma satu dari 3 mobil yang selamat," imbuh Makmur.

Pukul 14.30 WIB, 2 unit mobil pemadam kebakaran datang dan berhasil menjinakkan api. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta.

"Untung semua selamat, cuma mobil customer saja yang nggak selamat," kata petugas SPBU Arifin.‎ (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.