Sukses

DPR Gelar Sayembara Desain Gedung Baru Berhadiah Rp 500 Juta

Total hadiah akan dibagikan menjadi 3, yakni untuk juara I Rp 300 juta, juara II Rp 120 juta, juara III Rp 80 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka pembangunan gedung baru, DPR menggelar sayembara pembuatan grand design gedung baru untuk anggota dewan tersebut. Sayembara itu telah diumumkan kepada para arsitek.  

Ketua Tim Pembangunan Gedung Baru DPR Ahmad Djuned mengatakan, pemenang sayembara akan mendapatkan hadiah total Rp 500 juta. Pemenangnya akan diumumkan pekan ketiga September 2015.

"Peserta sayembara kita umumkan kepada pubik. Yang menyelenggarakan itu kerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia. Direncanakan (pengumumannya) nanti, pertengahan atau minggu ketiga September 2015," kata Djuned saat dihubungi di Jakarta, Selasa 25 Agustus malam.

Total hadiah akan dibagi menjadi 3 yakni untuk juara I Rp 300 juta, juara II Rp 120 juta, juara III Rp 80 juta.

Wakil Sekretaris Jenderal DPR ini menjelaskan, desain yang memenangkan sayembara akan digunakan sebagai desain gedung baru DPR nanti. "Desain bangunan itu untuk pembangunan ke depan," ujar Djuned.

Terkait anggaran pembangunan gedung baru itu, Djuned menyebutkan, memakai sistem multiyear. Sebab, anggaran tidak dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun.

"Kita sudah analisa kebutuhan biayanya, bersama Kementerian Pekerjaan Umum juga sudah," tandas Djuned.

DPR merencanakan pembangunan 7 proyek yakni pembangunan museum dan perpustakaan, alun-alun demokrasi, jalan akses bagi tamu ke Gedung DPR, visitor center, pembangunan ruang pusat kajian legislasi, pembangunan ruang anggota dan tenaga ahli, serta integrasi kawasan tempat tinggal dan tempat kerja anggota DPR. (Sun/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.