Putri Proklamator Dambakan Indonesia Disiplin Seperti Dahulu

Oleh Liputan6 pada 23 Agu 2015, 05:32 WIB
Diperbarui 23 Agu 2015, 05:32 WIB
Meutia Hatta
Perbesar
Putri Proklamator Indonesia Bung Hatta, Meutia Hatta menerima buku 70 Tahun Histori Masa Depan saat peluncuran di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, Sabtu (22/8/2015). (Antara Foto/Jafkhairi)

Liputan6.com, Jakarta - Meutia Farida Hatta, anak salah satu proklamator Republik Indonesia Mohammad Hatta atau Bung Hatta, mendambakan masyarakat Indonesia disiplin seperti zaman dahulu.

Hal itu diucapkan Meutia Hatta usai menyaksikan film Setelah Proklamasi di Galeri Antara di Pasar Baru, Jakarta Pusat yang menggambarkan kegiatan masyarakat di Ibukota pasca-Proklamasi pada rentang waktu akhir September hingga Oktober 1945.

"Kita lihat dari film tersebut, Jakarta sangat bersih dan teratur, hal itu bukan hanya, karena penduduknya masih sedikit, tetapi juga adanya kedisiplinan pada setiap orang," kata Meutia di Jakarta, Sabtu malam 22 Agustus 2015.

Film tersebut juga menyoroti tentang penduduk Indonesia berbondong-bondong dan berdesakan mengantre untuk membeli koran Merdeka guna mengetahui perkembangan tentang negara Indonesia walaupun kehidupan mereka pada saat itu sedang susah.

Hal tersebut menurut Meutia Hatta menunjukkan betapa besarnya jiwa nasionalisme orang Indonesia pada saat itu, mereka rela melakukan apa pun demi mengetahui tentang nasib bangsanya.

Dia mengatakan akan sangat baik jika film tersebut dapat tersebar luas untuk mendorong masyarakat Indonesia lebih maju.

"Membangun Tanah Air adalah tugas bangsa kita. Kita boleh saja bekerja sama dengan pihak luar, namun yang membangun dan merasa memilki bangsa ini adalah kita," pungkasĀ putri proklamator Bung Hatta tersebut. (Ant/Ans/Nda)