Sukses

Ketua DPR Dukung Diplomasi Luar Negeri Jokowi

KAA ke-60 yang digelar beberapa waktu lalu, kata ketua DPR, lantaran kecakapan Jokowi dalam berdiplomasi dengan negara sahabat.

Liputan6.com, Jakarta - MPR, DPR, dan DPD menggelar sidang tahunan hari ini yang juga sekaligus untuk memperingati kemerdekaan ke-70 tahun RI. Dalam pidatonya, Ketua DPR Setya Novanto memuji peran diplomasi politik luar negeri yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi.

Menurut Setya, Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 yang digelar beberapa waktu lalu di Jakarta dan Bandung lantaran kecakapan Jokowi dalam berdiplomasi dengan negara-negara sahabat.

‎"Perkembangan hubungan internasional saat ini juga mendapat perhatian DPR, terlebih lagi dengan posisi dan peran Indonesia yang semakin diperhitungkan di tingkat regional dan global. Hal ini adalah wujud langsung dari penguatan fungsi parlemen dalam diplomasi dunia," kata Setya di Ruang Sidang Utama Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

"Seperti terlihat dari sejumlah kunjungan kepala negara atau pemerintahan dan pejabat tinggi negara-negara sahabat ke Indonesia belakangan ini," sambung dia.
‎‎
Dengan peran diplomasi yang dimilikinya, DPR kata Setya, akan senantiasa mendukung pelaksanaan politik luar negeri Indonesia di forum internasional, khususnya di forum antarparlemen.

"Dalam masa persidangan ini, DPR akan berperan sebagai penyelenggara beberapa forum antarparlemen, seperti sidang Asian Parliamentary Assembly Standing Committee on Economic and Sustainable Development yang diselenggarakan di Jakarta, 19-20 Agustus 2015," tandas Setya.

Selain itu, Setya menekankan, setiap persoalan yang tengah dihadapi masyarakat Indonesia juga menjadi perhatian serius DPR.

"Sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden dalam pidato kenegaraan sebelumnya, yaitu terjadinya bencana di beberapa daerah yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat dan bangsa tersebut menjadi perhatian serius Anggota DPR yang baru saja menyelesaikan kunjungan ke daerah pemilihannya masing-masing‎," tandas Setya. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini