Sukses

Jelang HUT ke-70 RI, Siswa SD di Banten Cuci Bendera Merah Putih

Budi menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar anak didiknya selalu mengingat peristiwa Proklamasi, yang dibacakan Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Serang - Memupuk rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air sejak dini penting dilakukan, agar generasi muda tahu dan memahami bagaimana para pahlawan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Satu cara yang dilakukan untuk menanamkan rasa nasionalisme itu adalah dengan kegiatan mencuci bendera Merah Putih, yang dilakukan siswa-siswi SD Dasar Negeri Sempu 1, Kota Serang, Banten. Kegiatan ini guna menyambut HUT ke-70 RI.

"Ini langkah kami untuk memupuk rasa nasionalisme dengan cara ini, dan memberikan pelajaran mencintai lambang negara, seperti bendera," kata Kepala SDN Sempu 1 Budi Dermawan, Serang, Banten, Rabu (12/08/2015).

Budi menjelaskan, kegiatan ini sengaja dilakukan agar anak didiknya selalu mengingat peristiwa Proklamasi, yang dibacakan Soekarno-Hatta pada 70 tahun silam.

Mencuci bendera Merah Putih pun disambut baik oleh siswa-siswi. Mereka menganggap, kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa bangga dan nasionalisme kepada Tanah Air sejak dini.

"Sebelum merayakan 17 Agustus, kita bersama-sama dengan siswa lainnya mencuci bendera sebagai wujud rasa cinta Tanah Air," ujar siswa kelas 6 SDN Sempu 1, Azzahra. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini