Sukses

Hawaii dan Cirebon Segera Jadi 'Saudara Kembar'

Kota Cirebon, Jawa Barat, segera mempunyai "saudara" di Amerika Serikat (AS). Kota Udang itu yang akan menjadi sister city dari Hawaii.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Cirebon, Jawa Barat, segera mempunyai "saudara" di Amerika Serikat (AS). Kota Udang itu yang akan menjadi sister city dari Hawaii.

Keterangan tersebut disampaikan pengagas serta President St Louis-Bogor Sister Cities, Alexander Soetjipto. Berkaca pada kesuksesan menjadikan Kota Hujan dan St Loius jadi "kota kembar", dirinya yakin hal tersebut akan terulang di Cirebon dan Hawaii.

"Kita bersama-sama membangun suatu hubungan internasional antarkomunitas di AS kita memilih Hawaii," ujar Alexander di sela-sela Kongres Diaspora Indonesia di Menara Bidakara, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Alexander mengatakan, kampanye ini akan dia gaungkan pada Kongres Diaspora III yang tengah berlangsung. Pria asli Indonesia yang menetap di AS itu beralasan sekarang adalah waktu yang tepat bagi Cirebon untuk memiliki sister city.

"Pada KDI ke-3 ini, tim kami menyuarakan kepentingan dan mempromosikan daerah Cirebon," ujar dia.

Alexander pun menambahkan, upaya itu juga mendapat dukungan dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon. Oleh sebab itu, diharapkan perwujudan ini bisa terlaksana secepat mungkin.

"Setelah 4 kali kami berkunjung ke Kota dan Kabupaten Cirebon dengan dukungan dari Tim Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, dan dari Tim Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dan juga dari masyarakat setempat, akhirnya daerah Cirebon mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan diri mereka pada ajang internasional ini," pungkas Alex‎. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.