Sukses

Jokowi Ajak PM Inggris Bicara Empat Mata di Teras Belakang Istana

Presiden Jokowi selanjutnya akan menjamu PM David Cameron dan para delegasi dari Inggris dan Irlandia Utara dalam jamuan santap malam resmi

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Selain menggelar pembicaraan bilateral antara delegasi Indonesia dan delegasi Inggris, Presiden Jokowi dan Cameron juga melakukan pertemuan empat mata atau tête-à tête di pelataran belakang Istana Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, Senin (27/7/2015), ‎tête-à-tête yang ‎sebelumnya telah dilakukan di dalam kemudian dilanjutkan di teras belakang Istana. Jokowi dan Cameron yang sama-sama mengenakan setelan jas hitam itu tampak berbincang serius membahas sejumlah hal.

Sesekali, pandangan Cameron tertuju ke arah rimbunnya pohon trembisi berukuran besar di taman depan teras dan bangunan Istana Negara yang berdiri kokoh di seputaran depan taman yang ditumbuhi berbagai pepohonan rindang itu.

Pada akhir pembicaraan, Jokowi tampak mengarahkan tangan ke arah pohon dan Istana Negara yang berada di depan taman dan pelataran tersebut. ‎Mereka pun kemudian saling bersalaman dan kembali masuk ke dalam Istana Merdeka setelah menggelar pembicaraan empat mata yang dilakukan sekitar 15 menit itu.

Di dalam ruang pertemuan Istana Merdeka, Jokowi dan Cameron melanjutkan agenda kunjungan tersebut dengan melakukan pembicaraan bilateral antara delegasi Indonesia dan Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara yang digelar di ruang kredensial Istana Merdeka.

Sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Yakni mengenai peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan investasi, pendidikan, kemaritiman, sosial budaya dan kerja sama dalam bidang pemberantasan teroris.

Beberapa menteri Kabinet Kerja yang menjadi bagian dari delegasi Indonesia, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, serta Menteri Riset dan Teknologi M Nasir.

Setelah melakukan dua kegiatan tersebut, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara pemerintah Republik Indonesia dan pemerintah Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara yang dilanjutkan dengan dengan pernyataan pers bersama oleh dua kepala negara.

Jamuan Santap Malam

Usai melakukan kegiatan kenegaraan, Presiden Jokowi selanjutnya akan menjamu Cameron dan para delegasi dari Inggris dan Irlandia Utara dalam jamuan santap malam resmi yang dijadwalkan digelar di Istana Negara, malam ini sekitar pukul 19.30 WIB.‎

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, PM Cameron dijadwalkan akan berada di Indonesia selama dua hari. Menurut mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu, kunjungan ini begitu spesial bagi orang nomor satu di pemerintahan Inggris tersebut.

"Yang saya perlu tekankan di sini (Jakarta) adalah kunjungan ke luar negeri pertama bagi PM (Cameron) di luar Eropa," jelas Retno.

Di samping itu, lanjut Retno, dalam kunjungan ke Jakarta, Cameron juga membawa rombongan besar. Baik dari pejabat pemerintah maupun pebisnis. "Tiba di sini PM Cameron datang dengan membawa rombongan yang cukup banyak, termasuk 30 pengusaha besar," papar Menteri Retno. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.