Sukses

Jokowi Sambut PM Inggris David Cameron di Istana Merdeka

Jokowi didampingi sejumlah menteri antara lain Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menlu Retno Marsudi, dan Mensesneg Pratikno.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo kedatangan tamu penting dari jauh. Perdana Menteri Inggris yang baru terpilih kembali David Cameron bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Kedatangan Cameron, Senin (27/7/2015) untuk membahas sejumlah agenda mengenai kerja sama antara kedua negara.

Cameron tiba di Istana pada pukul 17.20 WIB. Politisi Partai Buruh Inggris tampak didampingi oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan langsung disambut oleh Presiden Jokowi setelah turun dari mobil berpelat 'United Kingdom'.

Jokowi yang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi merah itu mengantar Cameron menuju ke ruang pertemuan di dalam Istana Merdeka. Namun sebelum masuk ke dalam, Jokowi terlebih dahulu memperkenalkan beberapa menteri Kabinet Kerja yang ikut dalam pertemuan tersebut.

Beberapa menteri tersebut yaitu, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Setelah mengenalkan para menteri di Kabinet Kerja, giliran Cameron yang memperkenalkan rombongannya yang ikut dalam kunjungan kerjanya ke Indonesia. Ada 4 menteri yang dikenalkan oleh Cameron kepada Jokowi.

Usai sesi perkenalan yang dilakukan di halaman depan Istana Merdeka itu, kedua rombongan delegasi selanjutnya masuk kedalam ruang pertemuan Istana Merdeka.

K‎unjungan kenegaraan ini akan didahului dengan pertemuan tête-à-tête (pertemuan empat mata secara formal) antara Jokowi dan Cameron dan rombongan. ‎

Agenda dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara Delegasi Republik Indonesia dengan Delegasi Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara pada pukul 17.30 WIB.‎

‎Setelah melakukan 2 kegiatan tersebut, pada pukul 18.00 WIB akan dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara yang dilanjutkan dengan dengan pernyataan pers bersama oleh dua kepala negara.

Presiden Jokowi selanjutnya akan menjamu Cameron dalam acara Santap Malam Resmi di Istana Negara pada pukul 19.30 WIB.

‎Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan PM Cameron dijadwalkan berada di Indonesia selama 2 hari. Menurut mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu, kunjungan ini begitu spesial bagi orang nomor satu di pemerintahan Inggris tersebut.

"Yang saya perlu tekankan di sini (Jakarta) adalah kunjungan ke luar negeri pertama bagi PM (Cameron) di luar Eropa," jelas Retno.

Di samping itu, lanjut Retno, dalam kunjungan ke Jakarta, Cameron akan membawa rombongan besar. Baik dari pejabat pemerintah maupun pebisnis. "Hari ini PM Cameron akan tiba di Indonesia dengan membawa rombongan yang cukup besar termasuk 30 pengusaha besar," papar Retno. (Mvi/Yus)
   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini