Sukses

Jakarta, Kota Tujuan Pertama PM Inggris di Luar Eropa

Menurut Menlu Retno, kunjungan ini begitu spesial bagi David Cameron.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo kembali kedatangan tamu penting dari jauh. Perdana Menteri Inggris yang baru terpilih kembali, David Cameron rencananya pada sore ini akan menyambangi Jakarta untuk melakukan sejumlah agenda penting.

Dijadwalkan, pemimpin Partai Konservatif ini akan berada di Indonesia selama dua hari. Kedatangan Cameron pun disambut baik oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Bukan tanpa alasan. Menurut mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu, kunjungan ini begitu spesial bagi orang nomor satu di pemerintahan Inggris tersebut. "Yang saya perlu tekankan di sini (Jakarta) adalah kunjungan ke luar negeri pertama bagi PM (Cameron) di luar Eropa," jelas Retno di Hotel Fairmount, Senin (27/7/2015).

Di samping itu, lanjut Retno, dalam kunjungan ke Jakarta, Cameron akan membawa rombongan besar. Baik dari pejabat pemerintah maupun pebisnis. "Hari ini PM Cameron akan tiba di Indonesia dengan membawa rombongan yang cukup besar termasuk 30 pengusaha besar," papar dia.

Perkokoh Hubungan RI-Inggris

"Tujuan utama di lihat dari komposisi delegasi tujuan utama untuk memperkokoh hubungan ekonomi dengan Inggris," imbuh Menteri Retno.

Inggris sendiri di Benua Biru merupakan salah satu mitra utama RI. Kerja sama kedua negara terjalin di beberapa bidang, termasuk ekonomi, perdagangan, investasi dan pariwisata.

Rencananya pada pukul 17.00 WIB nanti, Jokowi akan menerima rombongan delegasi Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara‎ yang dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

K‎unjungan kenegaraan ini akan didahului dengan pertemuan empat mata secara formal antara Jokowi dan Cameron. ‎Agenda dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara delegasi Republik Indonesia dengan Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara pada 30 menit kemudian.

Jokowi juga akan menandatangani nota kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara pukul 18.00 WIB. Agenda dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama oleh dua kepala negara.

Presiden Jokowi pun akan menjamu Cameron dalam jamuan santap malam resmi di Istana Negara, malam nanti sekitar pukul 19.30 WIB. (Ans/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini