Sukses

Bunga Bangkai Mekar di Bengkulu

Masih ada sedikitnya 7 pohon atau bakal bunga lagi yang sedang dalam proses menjadi bakal bunga di rumah seorang warga.

Liputan6.com, Bengkulu - Bunga Bangkai jenis jenis Amorphopalus Titanum mengejutkan warga Kota Bengkulu. Puspa langka yang dikenal penduduk lokal sebagai Bunga Kibut ini tumbuh di halaman rumah warga di Jalan Mahakam Raya, Kelurahan Cempaka Permai, Kota Bengkulu.

Pemilik rumah yang juga dosen Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Hamim Wicaksono, mengatakan tidak hanya ada 1 bunga bangkai yang ada di rumahnya. Masih ada sedikitnya 7 pohon atau bakal bunga lagi yang sedang dalam proses menjadi bakal bunga.

"Ini yang keempat kalinya dan termasuk paling kecil hanya 50 centimeter, 3 kali mekar yang pertama saya yakin ketinggiannya lebih dari 1 meter," ujar Hamim di Bengkulu, Minggu 26 Juli 2015.

Waktu mekar bunga ini, lanjutnya, bisa mencapai 15 hari. Saat umur bunga sudah matang atau 7 hari, pucuk bunga akan terlihat layu dan mulai mengeluarkan bau busuk seperti bangkai.

Asal bunga itu, kata Hamim, didapat dari salah seorang ulama di Kota Bengkulu 6 tahun yang lalu. Saat itu, dia hanya tertarik dengan bungkol bunga berwarna hijau cerah.

"Saya baru mengetahui setelah terjadi perubahan dari pohon menjadi bungkol dan berkembang menjadi bunga langka. Tidak ada perlakuan khusus terhadap tumbuhan ini. Saya hanya kasih pupuk kotoran hewan saat pertama saya taman saja, setelah itu tidak saya kasih lagi, ternyata bisa subur dan berkembang," lanjut Hamim Wicaksono. (Bob/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.