Sukses

Gunung Raung 'Meraung', Masyarakat Banyuwangi Gelar Doa Bersama

Kepala BPBD Banyuwangi Kusiyadi mengatakan, terkait meningkatnya aktivitas Raung, telah didirikan posko di 4 kecamatan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bersama masyarakat setempat menggelar doa bersama untuk keselamatan warga, menyusul peningkatan aktivitas Gunung Raung.

"Gunung Raung sedang tinggi aktivitasnya. Sebagai hamba-Nya yang lemah ini, kita memohon kepada Allah agar semua bisa kembali berjalan normal," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Anas menjelaskan, doa bersama itu dipimpin Ustaz Maruf Abu Bakar dan Ustaz Fakhrulnathon. Doa tersebut memohon kepada Allah SWT, agar Banyuwangi dan daerah-daerah lain diberikan keselamatan.

Doa yang dipanjatkan juga mengharapkan aktivitas gunung yang dikelilingi Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember tersebut tidak sampai meningkat dan berangsur normal.

Anas menjelaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi bersama seluruh camat dan petugas puskesmas telah membagikan masker kepada masyarakat.

"Khusus bagi para camat yang wilayahnya langsung berbatasan dengan Raung, terus berkoordinasi intens. Mulai dari peningkatan komunikasi dengan unsur terkait, juga memastikan segala peralatan dan kebutuhan evakuasi, bila terjadi erupsi sewaktu-waktu sudah siap," kata dia.

Menurut Anas, sejumlah skema antisipasi dan jalur evakuasi juga telah disiapkan. Beberapa waktu lalu, BPBD Banyuwangi telah menggelar simulasi, untuk mengantisipasi bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Persiapan Pengungsian

Kepala BPBD Banyuwangi Kusiyadi mengatakan, terkait meningkatnya aktivitas Raung, telah didirikan posko di 4 kecamatan yang langsung terdampak, yakni Songgon, Sempu, Kalibariu, dan Glenmore.

Di posko tersebut, kata Kusiyadi, sudah disiapkan peralatan dan sebagian kebutuhan logistik bila terjadi evakuasi.

"Tenda, genset, alas tidur sudah tersedia di setiap posko bila sewaktu-waktu harus evakuasi. Terakhir ini aktivitas kami terus memvalidasi data jumlah warga yang terancam terdampak langsung," kata dia.

Kusiyadi menambahkan, terdapat 17 dusun dari 10 desa di 4 kecamatan di Banyuwangi, yang terdampak langsung dengan Gunung Raung. (Ant/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini