Sukses

2 Pulau Hilang, Banten Temukan 6 Pulau Baru

Enam pulau baru itu adalah Pulau Karang Masjid, Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, Pulau Reungit, Pulau Karang Songsong, dan Pulau Batu Goong

Liputan6.com, Serang - Provinsi Banten kehilangan 2 pulau akibat abrasi laut, yakni Pulau Karang Gundul dan Pulau Waton. Namun, kini ditemukan 6 pulau baru.

"Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang selama 10 hari, yaitu tanggal 1 Juni hingga 10 Juni kemarin, ditemukan 6 pulau yang belum masuk ke dalam data," kata Kepala Biro Pemerintahan Banten Siti Ma'ani Nina di Serang, Selasa (23/06/2015).

6 Pulau baru itu adalah Pulau Karang Masjid, Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, Pulau Reungit, Pulau Karang Songsong, dan Pulau Batu Goong.

Wanita yang akrab disapa Nina ini mengatakan, berdasarkan definisi pulau yang terdapat di Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Tahun 2013, pulau adalah daratan atau batuan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air dan berada di atas permukaan air pada saat air pasang.

"Berdasarkan definisi tersebut, maka 6 pulau yang baru ditemukan masuk ke dalam kordinat Provinsi Banten," terang dia.

Dari 6 pulau itu 3 di antaranya yakni Pulau Kalong, Pulau Panggarangan, dan Pulau Reungit memiliki fisik bervegetasi dan tak berpenghuni.

Sedangkan karakteristik Pulau Karang Masjid, bentuk fisiknya berupa karang dan tak berpenghuni. Adapun Pulau Batu Goong dan Pulau Karang Songsong bentuk fisiknya berupa tumbuhan dan tak berpenghuni.

"Hasil temuan pulau ini akan dikonsultasikan kepada tim Kementerian Dalam Negeri untuk lebih memastikan temuan tersebut masuk kategori pulau atau bukan," jelas Nina.

Inventarisasi dan pendataan pulau akan kembali dilanjutkan setelah hari raya Idulfitri sekaligus membuat profil setiap pulau yang telah terdata.

"Tahap kedua akan diselesaikan untuk inventarisasi pulau dan membuat profil pulau-pulau tersebut. Kami juga akan meminta masukan mengenai definisi pulau dan bagaimana merawat pulau agar tidak terkena abrasi," terang Nina.

Berdasarkan data awal yang dimiliki Pemprov Banten, Tanah Jawara memiliki 64 pulau. Pulau-pulau itu tersebar di beberapa kabupaten dan kota yang ada di Banten yakni 34 pulau di Kabupaten Pandeglang, 17 di Kabupaten Serang, 5 di Kota Cilegon, 7 di Lebak, dan 1 di Kabupaten Tangerang. (Sun/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.