Sukses

Prioritaskan Pemudik Motor, Lampu Hijau Akan Menyala Lebih Lama

Salah satu caranya, jelas Risyapuddin, lampu lalu lintas akan diatur supaya ruas jalan yang dilewati pemudik mendapat 2 kali lampu hijau.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Bekasi, Jawa Barat, akan menjadi jalan utama para pengendara motor yang hendak mudik Lebaran dari Jakarta ke daerah-daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya. Untuk itu perlu adanya upaya preventif demi mengurai kemacetan panjang di jalan protokol Kota Bekasi.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Risyapuddin menjelaskan, pihaknya akan mendahulukan kepentingan para pemudik dari para pengguna jalan lainnya.

"Para pemudik yang bawa kendaraan roda 2 akan melewati Bekasi Kota. Kita lakukan prioritas ruas jalan yang dilewati pemudik," ujar Risyapuddin di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Salah satu caranya, jelas Risyapuddin, lampu lalu lintas akan diatur supaya ruas jalan yang dilewati pemudik mendapat 2 kali lampu hijau. Sedangkan ruas jalan yang dilewati masyarakat sekitar hanya 1 kali lampu hijau.

"Kita akan berikan prioritas untuk pemudik dengan rekayasa. Misalnya pemudik 2 kali lampu hijaunya, masyarakat biasa 1 kali," jelas dia.

Risyapuddin memprediksi jumlah kendaraan pemudik yang bertolak dari Ibukota ke kampung halaman masing-masing pada libur Lebaran tahun ini sekitar 2 juta unit.

"Mudah-mudahan pemudik perginya pada malam saat jalanan sepi. Kalau siang hari bersamaan dengan aktivitas masyarakat, pasti akan padat," tutup dia. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini