Sukses

Politisi Demokrat: Presiden Pasti Punya Panglima TNI Pilihan

Keputusan dalam memilih calon Panglima TNI itu bukanlah hal sepele.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jenderal Moeldoko memasuki masa pensiun dalam waktu dekat. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun mulai ancang-ancang mempersiapkan sejumlah nama pengganti jenderal bintang 4 itu sebagai orang nomor 1 di TNI.

Anggota Komisi III DPR I Putu Sudiartana meyakini Presiden Jokowi sudah mengantongi nama calon Panglima TNI. Sebab, keputusan dalam memilih calon itu bukanlah hal sepele.

"Pasti presiden punya pilihan, kan tidak main-main karena menjadi orang nomor 1 di militer," kata Putu kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (9/6/2015).

Menurut Putu, seluruh Kepala Staf Angkatan di TNI berpeluang menjadi Panglima TNI selanjutnya. Jenderal bintang 4 itu memiliki kualitas yang mumpuni untuk menduduki jabatan tertinggi di militer.

Putu berpendapat, siapa pun nantinya yang ditunjuk Presiden sebagai Panglima TNI, haruslah siap mengemban tugas berat.

"Ya semua prajurit harus siap,‎ kita harus positif thinking," tutup politisi Partai Demokrat itu. 

Jenderal TNI Moeldoko pensiun pada 1 Agustus 2015. Namun, nama penggantinya masih menjadi teka-teki. Presiden Joko Widodo mengaku belum menentukan jenderal bintang 4 yang akan memegang tongkat panglima TNI. Dia mengaku masih memproses calon yang paling tepat untuk mengisi kursi tertinggi di militer itu.

"Ini masih dalam proses," ujar Jokowi di kawasan Sunter, Jakarta Utara, kemarin.

Namun, Jokowi memastikan segera mengumumkan nama-nama yang akan diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat itu. (Bob/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini