Suara Misterius dari Langit Terdengar di Bantul Yogya

Oleh Yanuar H pada 06 Jun 2015, 16:40 WIB
Diperbarui 06 Jun 2015, 16:40 WIB
suara aneh
Perbesar
Suara misterius terdengar warga di Bantul Yogyakarta. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Yogyakarta - Suara misterius di beberapa belahan langit dunia seperti di Jerman dan Amerika Serikat juga terjadi di Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Fenomena suara aneh itu terekam di media YouTube berjudul 'Suara Terompet Aneh di Langit Jogja'.

Video tersebut diunggah atas nama Mr X_Katrok EDM Electro Dangdut Music pada Sabtu (6/6/2015) pukul 06.01 WIB.

Dalam video berdurasi 1.02 menit itu memperlihatkan tempat perekaman diambil di depan pintu masuk perumahan Puspa Indah kasongan Bantul. Video direkam oleh 2 pria yang mendengar suara aneh yang diduga berasal dari sebelah timur.

Awal tayangan video, 2 laki-laki tersebut tidak mendengar secara jelas suara itu. Namun dalam tayangan berikutnya, sang pengunggah memperbesar suara hingga 444 persen. Usai itu, suara mirip bunyi terompet pun terdengar.

Dalam video itu salah seorang yang merekam mengatakan bahwa suara itu datang dari arah timur. "Iyo toh," ujar laki laki itu. Sementara pria satunya menyatakan suara itu sebagai fenomena alam. "Fenomena alam," timpal dia.

Pada akhir tayangan video, terekam pembicaraan 2 orang itu yang berkata suara itu bukanlah bunyi terompet. Seorang pria mengaku kecewa karena tidak merekam secara utuh suara itu dan hanya merekam sebagian saja.

"Duh terlambat ngrekame. Iyo toh bro, tenan toh. Buanter lho bro, seko kono. nek terompet yo ora mungkin. Lho tenan toh. Tapi aku ngrekam ora yo," ujarnya laki laki yang belum diketahui namanya itu, yang berarti "Duh terlambat merekamnya. Iya toh bro, beneran toh. Keras lho bro, dari sana. Kalau terompet ya nggak mungkin. Lho benar toh."

Selanjutnya: Fenomena Suara Aneh

2 dari 3 halaman

Fenomena Suara Aneh

Fenomena Suara Aneh

Pada akhir tayangan tertulis di layar video, "Gaung suara terdengar sangat keras sekitar 1 menit namun hanya sempat terekam hanya ujungnya saja. Pukul 05.59-06.01 WIB."

Dalam akun facebook dan twitter yang diduga milik Mr X-Katrok (Eka Wahyudi Juan Jusuf) menulis:

"Fenomena suara ini terjadi di Kasongan Kab. Bantul Yogyakarta pada pukul 05.59 - 06.01. Suara berlangsung cukup lama antara 1-2 menit. Padahal lokasi sendiri berada jauh dari Kota Jogja (Stasiun Kereta / Rel, Bandara / Jalur pesawat).

"Sayup terdengar suara hampir mirip dengan terompet dari timur, Sempat kami kira suara motor atau sirine, tapi kok beda. Samar-samar kecil. Terus gede terus kecil dan ilang. Padahal kita lagi di halaman, suaranya kaya menggaung dalam ruangan, tapi cuma kerekam ujungnya doang karena reflek lari keluar ke pinggir jalan.

Lama suara - + 1 menit-an". Apakah yang lain ada yang dengar? Apakah ini juga dikaitkan dengan fenomena munculnya suara aneh di beberapa negara? atau fenomena munculnya cacing kepanasan dari dalam tanah yang terjadi akhir akhir ini di Yogyakarta? Wallahualam

NB: Saya biasa mengabadikan moment menarik yang terjadi dimana saya berada saat itu. Eka Citrasena dan Sigit Yuwono. Warga Kotagede yang tengah bepergian di (jalan Karangjati) Kasongan Bantul. Facebook - http://on.fb.me/IBnumX

Selanjutnya: Merinding

3 dari 3 halaman

Merinding

Merinding

Camat Kasihan Bantul Sukendro mengaku belum mengetahui adanya suara misterius di wilayahnya. Pihaknya akan mengecek ke lapangan untuk mengetahui kebenaran adanya suara tersebut.

"Enggak denger tuh. Coba nanti saya tanya warga pas acara nanti. Enggak ada laporan juga," ujar Sukendro.

Seorang warga, Eka Wahyudi mengaku merinding saat mendengar suara tersebut. Dia pun sempat merekam fenomena itu dalam telepon genggamnya.

Eka menuturkan, suara terdengar pada pagi hari ketika sedang duduk di depan rumah sahabatnya, Sigit. Saat berbincang-bincang, ia dan temannya itu mendengar suara misterius tersebut.

"Pas ketemuan dengan temen untuk anterin kucing dan nunggu di depan rumah. Pas di depan rumah itu, lalu dengar suara itu pas ngobrol. Refleks kita kepikiran kaya suara misterius itu," ujar dia di Yogya, Sabtu (6/6/2015).

Suara misterius itu didengarnya semakin mengeras. Saat itu ia berinisiatif merekam suara itu karena hobi mengabadikan sesuatu hal yang menarik.

"Kok suara makin gede terus. Lalu saya lari sama temanku itu ke pinggir jalan dan merekam dan sempat terpengaruh kabar itu. Pas aku buka hape dan cuma kerekam berapa detik," tutur Eka.

Dirinya lalu memperbesar bunyi itu dan terdengar seperti halnya suara misterius di Jerman dan AS. Eka mengaku tak percaya setelah mendengar suara itu. Walaupun begitu ia tidak menyebut bunyi itu seperti suara terompet.

"Setelah diperbesar terdengar suara. Bukan suara terompet ya, suaranya agak berat dari timur. Pas direkam antara percaya enggak percaya, merinding banget saya," ujar Eka.

Tak hanya ia dan temannya yang mendengar suara misterius itu, rekannya di Klaten pun mengalami hal yang sama.

"Ada rekan saya di Klaten dengar juga. Saat itu saya bilang ke temunku kuwe rungekke ra (kamu denger enggak) makin lama makin denger kenceng. Sambil jalan, saya rekam itu," ujar Eka. (Ali/Sss)

Lanjutkan Membaca ↓