Sukses

Jokowi Lantik Wagub Papua Barat di Istana

Irine Manibuy dilantik untuk menggantikan wakil gubernur sebelumnya Rahimin Katjong karena meninggal dunia pada 22 Januari 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Gubernur Papua Barat Irine Manibuy dan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Desi Albert Mamahit di Istana Negara, Jakarta Pusat. ‎

Berdasarkan keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (27/5/2015), Irine Manibuy dilantik untuk menggantikan wakil gubernur sebelumnya Rahimin Katjong karena meninggal dunia pada 22 Januari 2015.

Irene dilantik ‎sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 38/E/ 2015. Ia akan menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Papua Barat hingga 2017.

Sebelumnya, Irine Manibuy yang mantan anggota DPR telah ditetapkan sebagai Wagub Papua Barat dalam Sidang Paripurna DPRD Papua pada 28 April 2015.

Sementara, Laksamana Madya Desi Albert Mamahit dilantik sebagai Kepala Bakamla setelah sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bakamla. Desi Albert Mamahit yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1984, sudah menjadi Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).

Acara tersebut dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para Ketua Lembaga Tinggi Negara, Gubernur BI Agus Martowardojo, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Juga Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Mensesneg Pratikno.‎ (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini