Taman di Bogor Dijaga Park Ranger

Oleh Bima Firmansyah pada 24 Mei 2015, 14:17 WIB
Diperbarui 24 Mei 2015, 14:17 WIB
Taman Air Mancur Bogor
Perbesar
Taman Air Mancur di Bogor, Jawa Barat, dijaga Park Ranger (Liputan6.com/Bima Firmansyah)

Liputan6.com, Bogor - Ruang publik di Kota Bogor, Jawa Barat, bertambah. Kali ini dengan kehadiran Taman Air Mancur yang telah ditata ulang selama dua bulan. Landmark Kota Bogor sejak zaman Belanda tersebut diresmikan oleh Walikota Bogor, Bima Arya.

Banyak perubahan yang tampak. Salah satu yang mencolok selain tulisan Air Mancur, adalah fasilitas air mancur yang dilengkapi lampu warna-warni. Ada empat titik air mancur yang terpasang di area Taman Air Mancur. Membuat taman ini menjadi tempat asyik untuk hang out dan berselfie ria.

"Jadi ini hasil kerja keroyokanlah bisa dibilang. Perbaikan ini sebagai bagian dari upaya terus menerus memperbanyak ruang publik bagi warga," ujar Bima Arya saat peresmian, Minggu (23/5/2015).

Walikota mengajak warga untuk merawat taman-taman yang ada, termasuk Taman Air Mancur. "Karena dalam faktanya, ada beberapa fasilitas umum, termasuk taman kota yang dirusak membuat kondisinya tidak sedap dipandang," papar dia.

Tak hanya mengimbau masyarakat, sebelumnya Walikota Bogor juga telah membentuk Polisi Taman atau Park Ranger untuk menjaga keindahan, kenyamanan, dan segala sarana dan prasarana yang ada di taman.

Bima Arya menegaskan, Polisi Taman yang dibentuk pada Sabtu 23 Mei 2015 ini merupakan yang pertama di Jawa Barat bahkan di Indonesia.

"Satuan tersebut berkekuatan 1 pleton yang terdiri dari 26 personel. Diharapkan kinerja Park Ranger mampu memberikan hasil maksimal untuk mendukung Kota Bogor menuju Kota Sejuta Taman," kata Bima.

Untuk tahap awal, baru 2 taman di Kota Bogor yang diawasi  Park Ranger yaitu Taman Air Mancur dan Taman Bogor, yang berada di dekat rumah Dinas walikota.

Dengan mengenakan seragam khusus, para personel Park Ranger nantinya akan menjaga taman 24 jam penuh. Penjagaan dibagi menjadi 2 shift. Satu taman dijaga oleh 3 orang Park Ranger.

"Kita juga berpatroli dengan menggunakan sepeda. Jika ada yang melajukan pelanggaran seperti vandalidme, pengrusakan taman dan mengganggu keamanan akan kita tindak sesuai hukum," tegas Eko Prabowo, kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor yang juga ikut mengawasi kenyamanan taman. (Sun)