Sukses

15 Kapal Asing Pencuri Ikan Diledakkan di Bitung saat Harkitnas

Dirjen Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Asep Burhanudin menyebutkan tidak semua kapal asing itu diledakkan.

Liputan6.com, Bitung - Peledakan kapal ikan milik asing berlangsung di Perairan Kema, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu siang (20/5/2015) adalah 1 dari 15 kapal ikan asing yang diledakkan pemerintah Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (20/5/2015), kapal ikan asing itu diledakkan tepat pada Hari Kebangkitan Nasional. Kapal-kapal itu tertangkap patroli laut saat melakukan pencurian ikan di sejumlah perairan di Tanah Air. 10 Di antaranya ditangkap di Perairan Bitung dan 5 kapal ditangkap di Tarakan.

Dirjen Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan Asep Burhanudin yang ikut menyaksikan peledakan menyebutkan tidak semua kapal asing itu diledakkan, sebagian juga dirumponkan atau ditenggelamkan.

Bukan kali ini saja kapal ikan asing ditangkap dan diledakkan karena terbukti melakukan pencurian. Meski demikian, sejumlah kapal ikan asing tetap saja melakukan pencurian tanpa khawatir dengan ancaman hukuman yang dikenakan. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.