Sukses

Sindikat Penjual Wanita ke Taiwan di Pontianak Digulung

2 Pelaku sebagai pencari wanita yang hendak dijual ke Taiwan berhasil ditangkap.

Liputan6.com, Pontianak - Sindikat perdagangan manusia bermoduskan kawin kontrak berhasil digagalkan Satuan Reskrim Polresta Pontianak.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (16/5/2015), 2 pelaku sebagai pencari wanita yang hendak dijual ke Taiwan berhasil ditangkap. Begitu juga dengan warga Taiwan bernama Chong Hen Ye ikut diamankan di Mapolresta Pontianak.

Ketiga pelaku bersama korban digerebek di kamar hotel ternama di kota Pontianak. Di dalam kamar itu petugas menemukan 5 orang, di antaranya korban, penghulu nikah, Afung dan Amoi yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, serta Chong Hen Ye warga Taiwan yang hendak membawa korban ke Taiwan.

"Pelaku mencarikan perempuan, berbagi tugas pada si Amoy. Nanti Amoy yang menghubungi perempuan tersebut," kata Kasatreskrim Polresta Pontianak Kompol Andi Yul.

Para penyedia wanita akan diberi imbalan oleh warga Taiwan mulai Rp 2 juta hingga Rp 4 juta. Praktik ilegal ini diduga sudah berlangsung lama. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.