Jenazah Istri Dubes RI untuk Pakistan Diserahkan ke Keluarga

Oleh Yanuar H pada 14 Mei 2015, 16:15 WIB
Diperbarui 14 Mei 2015, 16:15 WIB
Jenazah istri dubes RI.
Perbesar
Jenazah Istri dubes RI untuk Pakistan tiba diserahkan ke keluarga. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Liputan6.com, Yogyakarta - Jenazah istri Dubes Indonesia untuk Pakistan Hery Listyawati tiba di Bandara Adisucipto Yogyakarta. Jenazah tiba di bandara sekitar pukul 13.50 WIB dengan menggunakan pesawat milik TNI AU jenis CN 2905.

Peti jenazah berbalut bendera merah putih lalu diangkat oleh anggota TNI dan diserahkan ke keluarga. Sejumlah pejabat Indonesia dan Pakistan hadir dalam serah terima jenazah tersebut.

Mereka yang hadir adalah Menteri pertahanan dan Produksi Pakistan Rana Tanveer Husaen, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Danlanud Adisucipto Marsma Imran Baidirus, dan keluarga almarhum termasuk anak korban.

Menteri Pertahanan dan Produksi Pakistan Rana Tanveer Husaen menyatakan kecelakaan helikopter yang menewaskan istri dubes RI untuk Pakistan Burhan Muhammad sangat menyentuh hati rakyat Pakistan.

"Saya sangat menyesal dan terharu terkait kecelakaan dan ikut berbela sungkawa kepada pemerintah Indonesia, masyarakat, dan keluarga," kata Rana Tanveer di Pangkalan TNI AU Adisucipto Yogyakarta, Kamis (14/5/2015).

Rana berharap suami korban dapat segera pulih dari luka yang dialaminya. Dia memandang korban sebagai sosok yang memiliki jiwa sosial tinggi. "Saya berharap tuhan dapat memberi kesembuhan kepada duta besar, saya juga ikut merasakan kehilangan seperti masyarakat Indonesia," ucap dia.

Pemerintah Pakistan, kata dia, akan terus mengenang kejadian tersebut setiap tahun. Hal itu akan ditandai dengan hari libur nasional setiap tanggal 10 Mei. "Untuk menghormati tragedi itu dipakistan ditetapkan sebagai hari libur nasional," ucap Rana.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi berterima kasih kepada pemerintah Pakistan yang sudah membawa jenazah korban ke Indonesia. Retno berharap keluarga korban dapat menerima cobaan ini.

"Terimakasih kepada Pemerintah Pakistan yang sudah membantu Pemerintah Indonesia. Kami berharap keluarga yang ditinggalkan tabah," ucap Retno.

Insiden helikopter di Giglit, Pakistan, diketahui menewaskan sejumlah diplomat asing. Di antaranya istri dari Dubes RI untuk Pakistan, Heri Listyawati.

Kecelakaan berawal saat 4 helikopter militer Pakistan membawa sejumlah diplomat asing, termasuk Dubes RI Burhan Muhammad. Unit itu menuju acara peluncuran proyek wisata di negeri Pakistan, Jumat 8 Mei 2015.

Salah satu heli mengalami kecelakaan dan jatuh di Lembah Naltar pegunungan Gilgit-Baltistan, sekitar 300 kilometer sebelah utara ibukota Pakistan, Islamabad.

Duta Besar Burhan Muhammad menjabat sebagai Duta Besar RI di Islamabad sejak menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Republik Islam Pakistan, YM Asif Ali Zardari pada tanggal 18 November 2012. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya