Sukses

Misa Kenaikan Isa Almasih di Katedral Jakarta Berlangsung Aman

Perayaan misa Kenaikan Isa Almasih di Gereja Katedral berlangsung seperti misa di hari Minggu. Tak ada pengamanan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Kristiani di Indonesia memperingati Kenaikan Isa Almasih hari ini. Guna menjaga acara berlangsung aman, petugas Kepolisian Polda Metro Jaya berja-jaga di sejumlah gereja di Jakarta.

Di salah satu gereja tertua Jakarta, Gereja Katedral, sejumlah personel Polsek Sawah Besar dan Polda Metro terlihat bersiaga.

Kendati demikian, anggota Kamtibmas Polsek Sawah Besar Aiptu Budi S mengatakan, tidak ada pengamanan khusus pada misa kali ini.

"Perayaan misa ini seperti hari Minggu biasanya. Tak ada pengamanan khusus. Tapi kita tetap ada 6 personel dari Polsek Sawah Besar dan 6 dari Polda," ujar Budi di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (14/5/2015).

Budi menegaskan, sejauh ini pelaksanaan misa aman terkendali. Kondisi lalu lintas di depan gereja yang berhadapan langsung dengan Masjid Istiqlal ini juga relatif lancar.

"Sejauh ini aman, tidak ada ancaman. Lalu lintas juga lancar. Biasanya di sini macet kalau Istiqlal juga ada acara," pungkas dia.

Pantauan Liputan6.com, jemaat yang menghadiri misa Kenaikan Isa Almasih kali ini relatif sepi. Tidak ada tenda yang didirkan di halaman gereja. Halaman justru menjadi tempat parkir kendaraan jemaat. Sementara beberapa kendaraan lainnya diparkir pararel 1 baris di bahu jalan.

Salah satu panitia peringatan Kenaikan Isa Almasih Budi Sutaman mengatakan, dibanding tahun lalu peringatan Kenaikan Isa Almasih tahun ini memang relatif lebih sepi. Kondisi ini diperkirakan akibat libur panjang Kamis, Sabtu, dan Minggu mendatang.

"Iya, kelihatannya memang lebih sepi. Mungkin karena long weekend, mereka mengikuti misa di kota-kota tujuan liburan bareng keluarga," terang Budi. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.