Sukses

Alasan Elite KMP Banyak Tak Hadiri Pembukaan Kongres Demokrat

Seluruh pimpinan partai politik dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) hadir dalam pembukaan Kongres IV Partai Demokrat di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Pada pembukaan Kongres IV Partai Demokrat yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Surabaya pada Selasa 12 Mei siang tadi, seluruh pimpinan partai politik dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) hadir.

Namun, mayoritas pimpinan partai politik dari Koalisi Merah Putih (KMP) tidak nampak selama acara berlangsung. Satu-satunya petinggi KMP yang hadir di acara tersebut hanya Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon.

Fadli hadir mewakili Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berhalangan hadir karena sedang di luar negeri.

"Pak Prabowo ke luar negeri, jadi tidak bisa hadir, jadi saya yang mewakilinya," ujar Fadli usai pembukaan kongres, Rabu (13/5/2015) dini hari.

Menurut Fadli, ketidakhadiran mayoritas pimpinan partai politik KMP tidak perlu dijadikan polemik. Sebab hal itu sangat wajar, karena padatnya kesibukan masing-masing ketua umum partai politik dari KMP.

"Ya wajar, kan mereka banyak kegiatan pasti sibuk. Tidak ada hal lainnya, hanya soal kesibukan saja," tandas Fadli.

Kongres IV Partai Demokrat dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur pada 11-13 Mei 2015. Kongres digelar untuk memilih ketua umum yang baru, yang akhirnya terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara aklamasi. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.