Sukses

Megawati Dipastikan Tak Hadiri Kongres IV Demokrat

Meski berhalangan hadir, Megawati mengucapkan selamat dan menugaskan utusan khusus untuk hadir dalam pembukaan kongres Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat telah mengirimkan 3 pimpinannya demi mengundang Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menghadiri Kongres PD ke-IV di Surabaya, Jawa Timur. Namun Mega urung memenuhi undangan tersebut.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan bahwa Ibu Megawati Soekarnoputri tidak dapat menghadiri kongres tersebut," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

"Ketidakhadiran Ibu Ketua Umum mengingat agenda kepartaian yang padat pasca-Kongres (PDIP) IV Bali," imbuh dia.

Meskipun berhalangan hadir, sambung dia, Mega mengucapkan selamat dan menugaskan utusannya untuk hadir dalam pembukaan kongres partai berlambang mercy tersebut.

"Ibu Megawati menugaskan salah satu pengurus DPP Partai yang membawa surat tugas khusus, langsung ditandatangani ketua umum untuk hadir di pembukaan Kongres Partai Demokrat," tutur Hasto.

Hasto menyatakan, ketidakhadiran Mega telah diungkapkan sejak awal saat mantan Presiden itu menerima kunjungan dari petinggi Partai Demokrat. Namun begitu, kata dia, kehadiran para petinggi PD yang langsung menyampaikan undangan kepada Mega menunjukkan bahwa komunikasi politik kedua partai berjalan baik.

"Bahkan kerjasama politik telah berjalan baik di DPR dan MPR. Kedua partai menunjukkan sikap saling menghormati terhadap sikap politik dan kedaulatan politik masing-masing partai," ucap dia.

Menurut Hasto, dengan adanya utusan khusus dari Megawati tersebut, untuk pertama kalinya PDIP hadir dalam Pembukaan Kongres Partai Demokrat. Ke depan, sambung dia, ini akan menjadi modal penting dalam konsolidasi politik pemerintahan ke depan.

‎"Selamat melaksanakan kongres. Semoga tradisi kepartaian yang sehat semakin dapat diwujudkan, sehingga demokrasi di Indonesia tidak hanya semakin matang, namun mampu menunjukkan kualitas demokrasi yang semakin meningkat," kata dia.

"Demokrasi yang berorientasi pada keadilan di ranah ekonomi diharapkan menjadi fokus dan orientasi partai politik ke depan," tandas Hasto.

Harapan SBY

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY punya harapan bila Megawati berkenan hadir dalam pembukaan acara pemilihan ketua umum baru partai berlambang bintang mercy itu.

"Alhamdulillah, Ibu Megawati berkenan menerima utusan khusus Partai Demokrat dalam suasana yang baik. 3 Pimpinan PD (Syarief Hasan, Edhie Baskoro dan Agus Hermanto) mengundang dan mohon doa restu beliau sehubungan dengan Kongres Partai Demokrat," tulis SBY di akun twitternya @SBYudhoyono.

SBY berharap, semoga undangan Partai Demokrat menjadi langkah baik bagi terjalinnya silaturahmi yang lebih dekat antara Megawati dan PDIP dengan Partai Demokrat di masa depan.

"Sungguh indah jika konstituen Ibu Megawati dan konstituen saya tidak terus 'berjarak' dan bisa bersatu demi kepentingan bangsa dan negara," harap SBY. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini