Sukses

PM David Cameron Menang Pemilu Inggris

Perdana Menteri David Cameron, yang juga pemimpin Partai Konservatif, berjanji bahwa pemerintahnya akan mewakili semua kepentingan di Inggri

Liputan6.com, Jakarta - Setelah di luar dugaan membalikkan jajak pendapat, PM David Cameron memenangkan Pemilu di Inggris. Dia unggul jauh atas tiga partai lain.

Perdana Menteri David Cameron, yang juga pemimpin Partai Konservatif, berjanji bahwa pemerintahnya akan mewakili semua kepentingan di Inggris.

Partainya tidak memerlukan dukungan partai-partai lain untuk mewujudkan janji-janji kampanye karena mendapatkan kursi yang lebih dari cukup untuk menjadi kekuatan mayoritas di parlemen.

Dikutip BBC, Sabtu (9/5/2015), Cameron mengatakan akan menambah kewenangan bagi pemerintah lokal di Skotlandia setelah Partai Nasional Skotlandia (SNP) merebut kursi di hampir semua daerah pemilihan di Skotlandia.

Ia juga berjanji untuk menambah kewenangan bagi pemerintah di Wales dan Irlandia Utara.

Terkait isu Uni Eropa, dia mengatakan akan menggelar referendum keanggotaan Inggris di organisasi ini.

Sebelum pencoblosan pada Kamis 7 Mei 2015, semua jajak pendapat memperlihatkan bahwa Partai Konservatif dan Partai Buruh -kekuatan oposisi utama- akan bersaing ketat.

Namun penghitungan di berbagai daerah pemilihan menunjukkan Partai Konservatif unggul jauh.

Pemimpin Partai Buruh, Ed Miliband, mundur dan mengatakan bertanggung jawab atas hasil buruk partainya pada pemilu kali ini.

Nick Clegg, ketua Partai Liberal Demokrat, mitra Konservatif di pemerintahan koalisi dalam lima tahun terakhir, juga mengundurkan diri. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.