Penemuan Jenglot di Makam Islam Gemparkan Warga Prapen Surabaya

Oleh Dian Kurniawan pada 09 Mei 2015, 03:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2015, 03:00 WIB
jenglot
Perbesar
Penemuan jenglot di makam Islam gegerkan warga di Surabaya. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Warga Prapen Surabaya, Jawa Timur, digemparkan dengan penemuan sosok [jenglot](Penemuan Jenglot di Makam Islam Gemparkan Warga Prapen Surabaya "") di Kompleks Pemakaman Islam. Makluk tersebut ditemukan oleh Sugiono warga Jalan Kyai Toha Surabaya saat menghadiri pemakaman tetangganya.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sopir angkot ini mengaku serasa ada yang menuntun dirinya menuju ke sebelah utara makam yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Al-Istiqomah.

"Sepulang kerja, seperti ada yang menyuruh untuk ke makam. Saya kemudian duduk-duduk di sebelah utara," kata dia di Surabaya, Jumat (8/5/2015)

Sugiono mengungkapkan lokasi penemuan jenglot tersebut. Yaitu tepat di samping makam Mbah Zakariah, yang konon dikeramatkan. Dirinya sempat mencium bau anyir saat melihat tubuh jenglot dan rambut putihnya serta kukunya yang sama panjang, sepanjang 15 centimeter.

"Kemudian saya angkat, saya bawa menuju TPA Al-Istiqomah. Saya serahkan (jenglot itu ke) pengurus takmir masjid," tandas Sugiono.

Tokoh masyarakat di lokasi penemuan jenglot, Ketua RW 06/ RT 03 Suseno mengatakan jenglot tersebut ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB. Namun begitu dia belum dapat memastikan keaslian mahkluk tersebut.

"Memang benar ditemukan jenglot. Tapi kami ndak tahu, itu asli atau tidak," pungkas Suseno.

Jenglot tersebut pun kini menjadi perhatian warga. Mereka terus berdatangan untuk menghilangkan penasarannya melihat makhluk yang telah dimasukkan dalam kaca tersebut. (Ali)