Bangunan Rusak, Keraton Solo dan Mangkunegaran Akan Dipugar

Oleh Fajar Abrori pada 02 Mei 2015, 05:17 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 16:48 WIB
Kirab Pusaka Kasunanan Surakarta 1014

Liputan6.com, Solo - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan pemugaran terhadap 2 cagar budaya di Solo, Jawa Tengah, yakni Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran. Kondisi bangunan tersebut dinilai sudah banyak yang rusak sehingga dibutuhkan perbaikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan melakukan pemugaran terhadap situs heritage Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran.

"Itu sebagai heritage (warisan budaya) kita, kota pusaka kita. Oleh sebab itu, saya bertanggung jawab untuk kedua heritage itu, makanya akan dilakukan pemugaran," kata‎ dia di Solo, Jumat (1/5/2015).

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemugaran itu segera dilakukan mengingat kondisi bangunan keraton sudah banyak yang roboh. Untuk itu, pihaknya akan mencoba segera menangani kerusakan tersebut.

"Tahapan tender untuk pemugaran kedua heritage tersebut sudah dilakukan, tinggal menunggu hasil pemenang tender," ujar dia.

Proses pemugaran, dikatakan dia akan dilakukan pada tahun ini. Hanya saja karena kerusakan bangunan yang cukup parah maka proses pemugarakan akan memakan waktu hingga 2 tahun.

"Tidak satu tahun selesai, tapi bisa mencapai 2 hingga 3 tahun. Sebab, kerusakannya sudah cukup berat," jelas Basuki.

Untuk melakukan pemugaran tersebut, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menganggarkan dana senilai ‎Rp 11 miliar.

"Anggaran untuk pemugaran keraton senilai Rp 4 miliar, sedangkan untuk Mangkunegaran sekitar Rp7 miliar," sebutnya. (Ado)