Gala Dinner KAA ala Pesta Kebun di Istana Presiden

Oleh Luqman Rimadi pada 22 Apr 2015, 16:36 WIB
Diperbarui 22 Apr 2015, 16:36 WIB
Persiapan jelang gala dinner
Perbesar
Persiapan jelang gala dinner peserta KAA di Istana (Liputan6.com/ Luqman Rimadi)

Liputan6.com, Jakarta - Para kepala negara dan seluruh delegasi dari negara-negara peserta KAA akan menghadiri undangan jamuan makan malam bersama Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana di Istana Kepresidenan, Jakarta nanti malam. Jelang pelaksanaan acara tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara KAA.

Sebuah panggung berukuran besar didirikan di lapangan rumput yang berada di tengah Istana Merdeka dan Istana Negara. Panggung itu disiapkan sejak 2 pekan sebelum acara digelar.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (22/4/2015), beberapa jam jelang acara, seluruh meja dan kursi serta berbagai hiasan ornamen yang terpasang menghiasi tenda tersebut telah disiapkan. Sebagian orang tampak masih terlihat sibuk memasang beberapa hiasan tanaman dan melakukan gladi bersih penyambutan para tamu negara saat tiba di istana.

Desain tenda yang menutup seluruh halaman rumput Istana Kepresidenan belakang Istana Merdeka itu lebih seperti acara "Pesta Kebun". Dari luar, tenda tampak didominasi warna putih dengan berbagai hiasan bunga dan berbagai tanaman di beberapa sudut dan gerbang masuknya. Pada bagian atas tenda juga dihiasi berbagai tumbuhan hijau merambat dengan atap tenda berwarna transparan.

Persiapan jelang gala dinner peserta KAA di Istana (Liputan6.com/ Luqman Rimadi)
Seorang panitia mengatakan, acara akan dilakukan tepat pukul 20.00 WIB. Nantinya para Kepala negara dan Kepala pemerintahan yang menjadi peserta KAA akan tiba di istana sebagai tamu VVIP.

"Setelah tiba, rombongan KAA, untuk yang kepala negara disambut presiden di Istana Merdeka. Mereka akan ada semacam welcome drink-lah dari Presiden di Istana Merdeka. Sedangkan para staf atau perwakilan delegasi lainnya akan langsung menuju ke tempat gala dinner berlangsung," ucap petugas yang enggan disebutkan namanya itu.

Dari Istana Merdeka, para kepala negara kemudian akan langsung diarahkan menuju ke lokasi acara gala dinner.

Khusus untuk para kepala negara, pihak panitia menyediakan meja makan yang panjangnya sekira 40 meter. Di meja tersebut telah ditempatkan sebanyak 39 kursi berwarna kuning keemasan yang menghadap ke depan panggung yang akan diisi oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya daerah.

"Nanti sambil menyantap hidangan makan malam, para tamu negara akan disajikan pementasan tari-tarian dan pertunjukan seni budaya dari beberapa daerah. Beberapa tarian yang disuguhkan ada tarian dari Papua dan tari Saman dari Aceh," kata dia.

Untuk pengamanan di Istana, hingga saat terpantau masih berjalan normal, namun terlihat dari depan Istana Merdeka, belasan petugas kepolisian dan Satpol PP melakukan penjagaan dari di depan Istana Kepresidenan di sekitar ruas Jalan Medan Merdeka Utara.

Selain itu beberapa pasukan berseragam hitam dengan senjata laras panjang  juga terlihat berbaris dan melakukan penjagaan di sekitar lokasi panggung tempat berlangsungnya acara gala dinner. (Mvi/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya