Sukses

Syarief Hasan: Pemecatan 3 Kader Demokrat Tak Terkait Kongres

Menurut Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, pemecatan 3 kader tersebut dilakukan setahun yang lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Pemecatan terhadap 3 Ketua DPC dianggap tak ada kaitannya dengan Kongres Partai Demokrat. Sebab, menurut Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan, pemecatan tersebut dilakukan setahun yang lalu.

"Jadi (pemecatan kader) atas usulan dari DPD. DPD itu di tingkat provinsi. Lalu diusulkan ke pusat. Saya tanda tangani karena diusulkan ke pusat. Sekali lagi ini kan tahun kemarin. Jadi tidak ada kaitannya dengan kongres," kata Syarief saat dihubungi, Senin (20/4/2015).

Selain itu, Syarief meluruskan kabar yang menyebut pemecatan 3 Ketua DPC itu didasari karena tak mendukung SBY kembali didapuk menjadi ketua umum partai pemenang Pemilu Legislatif 2009 itu.

"Kan ini nggak ada kaitannya dengan kongres," tukas dia.

Mantan Menteri Koperasi dan UKM itu mengatakan, somasi yang dilayangkan itu sebagai upaya untuk menganggu jalannya Kongres Demokrat yang akan digelar di Surabaya itu.

"Usahanya kan mau mengganggu kongres. Iya kan. Kita tidak khawatir kok. Silakan saja," pungkas Syarief Hasan.

Beberapa waktu lalu, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Basuki, Ketua DPC Kota Pasuruan, Dendy Kukuh Santoso dan Ketua DPC Kota Surabaya Dadik Risdaryanto dipecat secara sepihak oleh Syarief Hasan. Tak terima dipecat, ketiganya melayangkan somasi agar pemecatan tersebut dianulir selama 2 x 24 jam. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.