Puncak KAA, Tak Ada Penerbangan Komersial di Bandung

Oleh Kukuh Saokani pada 20 Apr 2015, 17:45 WIB
Diperbarui 20 Apr 2015, 17:45 WIB
Perjalanan Mercedes Benz di Konferensi Asia Afrika
Perbesar
Foto: Liputan6.com

Liputan6.com, Bandung - Acara puncak peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60 rencananya akan digelar di Kota Bandung, Jawa Barat pada Jumat 24 April 2015. Karena itu tidak ada penerbangan komersial di Kota Bandung.

PT Angkasa Pura II akan menutup sementara waktu penerbangan komesil di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, sejak Kamis 23 April sore hingga Sabtu 25 April pagi.

"Nantinya bandara akan mulai disterilkan sejak 23 April pukul 16.00 WIB hingga 25 April pukul 06.00 WIB," kata General Manajer PT Angkasa Pura II Yayan Hendrayani di Bandung, Jawa Barat, Senin (20/4/2015).

Yayan menjelaskan, penutupan penerbangan sementara ini lantaran banyaknya tamu negara yang akan menggunakan jalur udara ke Kota Kembang itu.

Menurut Yayan, para tamu negara mulai tiba di Bandara Husein Sastranegara pada Jumat 24 April sejak pukul 07.15 WIB. Setiap 15 menit pesawat yang mengangkut peserta KAA itu akan tiba di bandara.

"Yang saya tahu baru Vietnam dan China, mereka menggunakan (pesawat) udara, tapi ada 4 penerbangan yang akan ada di Bandung sejak pagi," papar dia.

Namun Yayang enggan menyebutkan jumlah penerbangan yang tidak terbang selama penghentian sementara. Namun jumlah penumpang diperkirakan ada sekitar 7 ribu penumpang, setiap hari yang tiba dan berangkat di Bandara Husein Sastraneggara.

"Akan tetapi pokoknya untuk KAA tahun ini akan kami support penuh, karena ini hajatan besar dan untuk Indonesia," pungkas Yayan.

Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang berlangsung 19-24 April 2015 ini rencananya akan digelar di Jakarta dan Bandung. Konferensi yang digelar setiap 10 tahun sekali ini akan dihadiri 32 kepala negara dan 107 delegasi tinggi dari perwakilan negara.

Kepala negara dan kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan hadir antara lain Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, dan Thailand.

Sementara 6 wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan menghadiri Peringatan ke-60 KAA ini, yakni dari Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, dan Zambia. (Rmn/Mut)