Sukses

Kang Emil Hadiri Ritual Adat Jelang KAA di Kota Bandung

Walikota Bandung Ridwan Kamil menghadiri acara ruwatan yang digelar warganya sebagai harapan agar peringatan 60 tahun KAA berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Asap dupa mengepul bersama doa-doa yang dipanjatkan dengan iringan musik tradisional hingga terkesan magis. Begitulah suasana ngaruwat jagad buwana indung di kawasan Taman Air Mancur, Kota Bandung, Jawa Barat dalam rangka menyambut hajatan besar Konferensi Asia-Afrika (KAA).

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (20/4/2015), acara ini dilanjutkan dengan pemberian potongan nasi tumpeng kepada Walikota Bandung Ridwan Kamil. Ada 60 nasi tumpeng dalam acara ini sebagai lambang peringatan 60 tahun usia KAA yang pertama, 1955 silam.

Dari Taman Air Mancur, acara berpindah ke kawasan sumur Bandung yang diyakini sebagai pusat Kota Kembang ini dan dikenal sebagai kilometer nol. Di tempat ini acara dilanjutkan dengan pagelaran seni tarawangsa. Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil ikut menari bersama atau ngibing.

Ridwan Kamil mengatakan, rangkaian acara adat ini dimaksudkan agar perhelatan akbar puncak peringatan Konferensi Asia-Afrika di Gedung Merdeka 24 April mendatang berjalan lancar.

"Saya selaku Walikota Bandung sangat senang dengan sambutan masyarakat. Ini terlihat sudah menjadi revolusi mental bahwa acara peringatan 60 tahun KAA itu merupakan bagian dari pesta rakyat. Semua ikut mendukung baik secara batin maupun fisik," kata Kang Emil.

Selain ruwatan, Pemerintah Kota Bandung juga mengangendakan doa bersama atau istigasah di seluruh masjid di Kota Kembang ini. Tujuannya sama, yakni memohon agar peringatan 60 tahun KAA nanti berjalan sukses. (Nfs)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.