Sukses

Solusi JK untuk Daerah Belum Punya Dana Pilkada Serentak

‎Wapres JK memaklumi bila ada beberapa daerah yang belum menyiapkan anggaran Pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa daerah belum memiliki dana untuk melaksanakan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memberikan solusi kepada pemerintah daerah bersangkutan.

"Dia bisa bikin APBD-P atau semacam pinjaman. Nanti dibayar pada tahun depan‎," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (16/4/2015).

‎JK memaklumi bila ada beberapa daerah yang belum menyiapkan anggaran Pilkada. Sebab, rencana awal Pilkada dijadwalkan pada 2016.

‎"Kan itu rencana semula Pilkada nya 2016. Karena dimajukan ke 2015, otomatis pakai anggaran sekarang. Padahal anggaran di DPR belum diputuskan. Ini berarti‎ perlu dijembatani lebih dulu," ujar JK.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat 10 daerah belum melaporkan ketersediaan dana untuk Pilkada serentak. Anggaran Pilkada di 10 daerah tersebut masih dalam pembahasan antara DPRD dan pemerintah daerah setempat.

Pada Desember nanti, ada 8 provinsi, 170 kabupaten, dan 26 kota yang menggelar Pilkada serentak. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.