Sukses

KPAI Sidak UN di Lapas Klas II Cibinong Bogor

Dari beberapa kajian dan pantauan KPAI, layanan pendidikan di lapas masih terpinggirkan.

Liputan6.com, Bogor - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kedatangan komisioner KPAI Susanto itu untuk melihat 2 tahanan anak yang melaksanakan Ujian Nasional (UN).

Dalam sidak Rabu (15/4/2015) hari ini, KPAI langsung menemui Kasi Binadik Lapas Muhammad Maulana.

Susanto mengatakan, pihaknya ingin memastikan, seperti apa kondisi di lapas. Sebab, selama ini dari beberapa kajian dan pantauan KPAI, layanan pendidikan di lapas masih terpinggirkan baik dari sisi proses pendidikannya kemudian dari sisi ketersediaan SDM maupun ketersediaan anggarannya.

Dia berharap, dengan sidak ini akan ada perbaikan-perbaikan sistem di level pendidikan bukan hanya dalam konteks evaluasi akhir pendidikan seperti UN, tetapi juga bagaimana proses layanan pendidikan itu bisa dilaksanakan secara maksimal.

Sementara Kasi Pembinaan dan Pendidikan Lapas Klas II Cibinong Muhammad Maulana mengatakan, UN ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian lapas untuk tetap memberikan hak pendidikan kepada anak-anak.

"Meskipun berada di dalam lapas, mereka tetap bisa melaksanakan UN dan mendapatkan buku-buku dari sekolah mereka untuk tetap belajar," pungkas Muhammad Maulana. (Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.