Sukses

37 Orang Ikuti UN Paket C dari Balik Lapas Anak Tangerang

Untuk mengikuti UN tahun ini, peserta dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Tangerang - Sebanyak 37 peserta mengikuti Ujian Nasional (UN) hari kedua di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak Tangerang, Banten, Selasa (14/4/2015). Mereka mengikuti UN setara Paket C.

Ketua Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Istimewa, Sutari mengatakan, ke-37 peserta itu bukan sepenuhnya berasal dari penghuni lapas. Ada 3 orang berasal dari lapas dewasa dan 17 lainnya dari PKBM Bina Mitra atau bukan penghuni Lapas.

"Sisanya sebanyak 17 siswa berasal dari penghuni Lapas Anak ini," ujar Sutari.

Di antara 37 peserta UN Paket C ini, 20 di antaranya merupakan usia pelajar sesuai dengan jenjangnya. Sementara 17 lainnya sudah dewasa atau melewati batas jenjangnya.

Sutari mengatakan, untuk mengikuti UN ini, peserta dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Tidak jauh berbeda dengan sekolah umumnya, pihaknya sudah memfasilitasi peserta dengan pembekalan pendalaman materi, hingga uji coba soal.

"Kami sudah mempersiapkan peserta dengan bimbingan belajar lebih intensif menghadapi UN kali ini," kata dia.

Sementara, Kepala Seksi Bidang Kesetaraan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Gumilar menuturkan, 1.582 peserta di Kota Tangerang yang mengikuti ujian Paket C tersebar di 27 PKBM dan 7 Pondok Pesantren termasuk di dalam lapas.

"Mereka sama saja dengan sekolah pada umumnya. Pelaksanaannya yang lebih sekolah umum lebih dulu, sedangkan Paket C dilaksanakan pada siang sampai sore hari," ucap Gumilar.

Meski pelaksanaannya tidak berbarengan, Gumilar menjamin tidak ada kebocoran soal. Untuk mengikuti ujian Paket C ini, peserta sebelumnya sudah mengikuti pembelajaran PKBM selama 3 tahun. (Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.