Sukses

Menteri Anies Buktikan Keamanan UN 2015 Berbasis Komputer

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan metode UN 2015 berbasis komputer atau CBT (Computer Base Test).

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Nasional (UN) 2015 berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan metode ujian berbasis komputer atau CBT (Computer Base Test).

Meski sistem CBT dapat menghemat waktu siswa mengerjakan soal, namun tak berarti bebas kendala. Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, di hari pertama UN dengan CBT di SMK Negeri 2 Jayapura, Papua, sempat mengalami kendala karena seluruh komputer mati saat turun listrik 5 menit jelang waktu ujian berakhir.

"(Mati listrik) Terjadi pas sekali, saat Walikotanya berkunjung ke sekolah. Tapi hanya terjadi sebentar, lalu listrik menyala kembali," kata Anies di kawasan Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (13/4/2015).

Namun, matinya listrik ternyata tidak menghilangkan semua jawaban yang telah siswa isi di komputer. Kejadian itu membuktikan keamanan software CBT yang telah bekerja sesuai harapan.

"Terbukti kan softwarenya mampu menyimpan data terakhir. Coba bayangkan kalau menjelang ujian selesai datanya hilang?" sambung Anies.

Ke depannya, lanjut Anies, Kemendikbud akan meningkatkan metode CBT, karena lebih efisien dari segi anggaran Ujian Nasional. Anies membandingkan, ujian sistem manual dengan kertas memerlukan biaya percetakan serta pendistribusian yang menurutnya memakan banyak anggaran.

Sementara, bila menggunakan software CBT, pendistribusian soal melalui internet akan memangkas biaya penyelenggaraan Ujian Nasional yang pasti diadakan tiap tahunnya. Selain itu, software ini memiliki sistem keamanan yang terjamin, dimana soal bisa dibuka hanya pada saat waktu ujian sudah dimulai. Hal ini diyakininya, mampu menutup celah kebocoran soal.

"Coba bayangkan, misalnya cetaknya di Sulawesi, pendistribusian harus ke daerah-daerah pelosok seperti Pulau Talaud. Kalau pakai komputer bisa lebih sederhana (pengadaan soal), prosesnya lebih efektif dan dari biaya, lebih efisien, dan terjamin integritasnya," jelas dia.

Sistem UN berbasis komputer juga diprediksi Anies menghemat waktu pengerjaan 30 menit lebih cepat dibanding metode konvensional. Dalam rangka merealisasikan penggunaan metode CBT yang masif di seluruh sekolah di Indonesia, Kemdikbud akan merencanakan pengadaan 'Testing Center' di sekolah-sekolah yang sudah ditunjang fasilitas komputer dalam jumlah banyak, sehingga sekolah yang memiliki komputer terbatas dapat mengikutsertakan siswanya di 'Testing Center'. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.