Sukses

Sidak Pelaksanaan UN, Anies Baswedan Datangi SMKN 20 Jakarta

Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengunjungi beberapa sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengunjungi beberapa sekolah, salah satunya SMK Negeri 20 Cilandak, Jakarta Selatan. Dengan  berkemeja putih, Menteri Anies datang sekitar pukul 04.50 WIB.

"SMK ini salah satu rayon besar. Sekitar 70 sekolah nanti, pukul 05.00 WIB, soal-soal UN itu diambil ke sini," jelas Anies di lorong SMK Negeri 20 Jakarta, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015) subuh.

Di waktu yang sama, Kepala SMK Negeri 20 Pranjono mengatakan kedatangan Anies ke sekolahnya cukup mengejutkan. Kendati demikian, dirinya sebagai Ketua Panitia UN Rayon Jakarta Selatan 1 sudah mempersiapkan diri sejak kemarin, untuk mengawal soal-soal ujian hingga proses pendistribusian ke sekolah lainnya.

Bahkan, ia mengaku harus menginap di sekolah untuk mengamankan soal-soal ujian serta demi kelancaran UN di rayonnya. "Ada sekitar 78 SMK di Jakarta Selatan 1 yang ambil soal," kata Pranjono.

Dia mengatakan, pendistribusian awal untuk rayon seluruh Jakarta Selatan dilakukan Sabtu 11 April lalu, di SMA Negeri 70. Setelah itu, masing-masing sekolah yang menjadi rayon mendistribusikan ke sekolah lain di dalam rayonnya.

Pranjono pun memastikan bahwa sekolahnya sudah melakukan pemeriksaan soal ujian hingga masalah soal tertukar atau kurangnya jumlah kertas soal sangat kecil.

"Sudah diperiksa. Tidak ada masalah. Memang untuk SMK banyak soalnya bervariasi," tandas dia. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.