Sukses

Jokowi Minta 2 Abad Letusan Tambora Diperingati Tiap Tahun

"Setiap tahun ada Festival Tambora yang biayai pemerintah pusat semua biar tahu di mana Dompu, Bima, dan NTB, dan di mana Indonesia."

Liputan6.com, Mataram - Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, akhirnya resmi menjadi taman nasional. Status baru Tambora diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Sabtu (11/4/2015).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, kawasan Taman Nasional Gunung Tambora merupakan salah satu aset yang harus dijaga dan dirawat supaya bisa lestari dan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Saya minta agar ini dijaga dan dirawat jangan sampai ada yang dirusak," kata Jokowi dalam acara peringatan 200 tahun letusan Gunung Tambora sekaligus pencanangan Taman Nasional Gunung Tambora di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, NTB.

Presiden juga mengimbau agar peringatan 2 abad meletusnya Gunung Tambora, yang dibingkai menjadi Festival Tambora, digelar setiap tahun guna meningkatkan daya tarik daerah bagi wisatawan.

"Setiap tahun ada Festival Tambora yang biayai pemerintah pusat semua biar tahu di mana Dompu, Bima, dan NTB, dan di mana Indonesia," beber Jokowi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mendampingi Presiden Jokowi juga mengharapkan, kawasan ekowisata Gunung Tambora bisa menjadi penggerak industri wisata di daerah sekitarnya.

Kegiatan-kegiatan seperti Tambora Menyapa Dunia, menurut Arief, bisa menjadi ajang untuk mempromosikan wisata daerah. (Ant/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini