Sukses

5 Fakta di Balik Pernikahan Putra Jokowi dan Putri Solo

Solo, di sanalah seorang putri cantik bakal dipersunting putra pertama Jokowi-Iriana, Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia yang datang dari keluarga Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengarahkan perhatian masyarakat ke kampung halaman mereka di Kota Solo, Jawa Tengah. Di sanalah seorang putri cantik bakal dipersunting putra pertama mereka, Gibran Rakabuming Raka.

Selvi Ananda Putri namanya. Gadis berambut panjang itu adalah juara 1 Pemilihan Putra-Putri Solo 2009.

Di kota Solo itu pula lah cinta bersemi di antara Gibran dan Selvi. Di sana juga cinta keduanya bakal dihalalkan.

Berikut deretan fakta di balik rencana pernikahan putra Jokowi dan Putri Solo yang dirangkum Liputan6.com, Jumat (10/4/2015):

Selanjutnya: Menikah Juni...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menikah Juni

Menikah Juni

Jokowi dipastikan bakal memiliki menantu sebelum puasa Ramadan. Hal ini pertama kali diungkapkan Wakil Jokowi saat menjabat Walikota Solo, FX Rudy Hadiatmo.

Pria yang kini menjabat sebagai Walikota Solo itu mengaku mendengar kabar tersebut saat menjemput Jokowi sewaktu pulang kampung akhir pekan lalu.

"Atau mungkin sebelum puasa ya, tapi nggak tahu tanggalnya. Yang tahu pasti beliau," ungkap Rudy 7 April 2015.

Dan diperkuat oleh perancang busana kedua calon mempelai, Tuty Adib. Dia menyatakan, pernikahan tersebut bakal digelar pada Bulan Juni.

"Untuk semua pesanan busana untuk pernikahan kan harus selesai pada bulan Mei, sebab acara prosesi pernikahan akan dilangsungkan pada bulan Juni nanti," ujar Tuty.

Selanjutnya: Kebaya Kutu Baru...

3 dari 6 halaman

Kebaya Kutu Baru

Kebaya Kutu Baru

Tuty Adib, perancang yang dimintai tolong oleh Iriana mengaku mempersiapkan busana untuk 3 tahapan. Yakni busana untuk pengajian, midodareni, dan akad nikah. Baik untuk kedua mempelai maupun keluarga inti.

"Busana pengajian adalah busana muslim untuk mempelai wanita dengan warna hijau. Bahannya dari sifon, karena selain lembut, ringan juga nyaman dipakai. Sedangkan busana mempelai laki-lakinya baju taqwa dengan warna yang sama," papar Tuty.

Sementara untuk busana midodareni, Gibran bakal mengenakan beskap landung. Dan mempelai wanita mengenakan kebaya Jawa.

"Warnanya hijau agak kekuningan, hijau segar," ucap Tuty.

Sedangkan untuk busana akad nikah, calon pengantin perempuan memilih kebaya kutu baru. Dan Gibran mengenakan beskap.

"Mbak Selvi memilih warna broken white (putih tulang) untuk acara akad nikah. Mas Gibran juga akan mengenakan busana dengan warna senada. Sementara Ibu Ana (Iriana Jokowi) juga akan mengenakan kebaya kutu baru dengan warna merah agak oranye," tutur Tuty.

Selanjutnya: Cat Krem...

4 dari 6 halaman

Cat Krem

Cat Krem

Sementara keluarga calon besan juga sudah mulai bersiap. Rumah sederhana, tempat Selvi dan keluarga tinggal di Jalan Kutai VII, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah mulai dihias.

Dua pekerja mengecat rumah dengan warna krem. Sedangkan besi kanopi depan rumah dicat warna putih. Putri Solo itu dan keluarganya sudah tinggal di rumah kontrakan tersebut sekitar 5 tahun.

Putra Jokowi, Gibran juga kerap berkunjung ke rumah tersebut. Sebelumnya, keluarga Selvi tinggal di daerah Semanggi.

Selanjutnya: KUA...

5 dari 6 halaman

KUA

KUA

Persiapan pernikahan juga sudah sampai ke Kantor Urusan Agama (KUA). Selvi terpantau sudah mengurus berkas pernikahannya di KUA Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Kepala KUA Pasar Kliwon, Solo, Arbain Basyar mengatakan pihak keluarga Selvi sudah mengurus berkas-berkas seperti surat rekomendasi numpang nikah di kantornya.

"Berdasarkan informasi, dia akan menikah di wilayah KUA Banjarsari," ujar Arbain pada 9 April 2015.

Lokasi itu dipilih mengingat saat ini keluarga Selvi tinggal di alamat Jalan Kutai VII Sumber, Banjarsari. Hanya saja berdasarkan keterangan identitas, keluarga Selvi masih tercatat sebagai warga Kecamatan Pasar Kliwon.

Sementara keluarga Jokowi juga pernah mendatangi KUA Banjarsari untuk melakukan konsultasi terkait rencana pernikahan.

Selanjutnya: Sambal Belut...

6 dari 6 halaman

Sambal Belut

Sambal Belut

Siapa sangka calon besan orang nomor satu di Indonesia itu merupakan kalangan dari rakyat biasa yang berprofesi sebagai penjual kuliner.

Kedua orangtua Selvi Ananda, Partini dan Didit, setiap malam membuka usaha warung makan dengan menu khas sambal belut di kawasan pusat kuliner Gladag Langen Bogan (Galabo), Solo, Jawa Tengah. Pusat jajanan kuliner khas Solo tersebut terletak di sepanjang Jalan Mayor Sunarso atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center (BTC).

Mereka berjualan di kawasan tersebut sejak Galabo diresmikan pada tahun 2008 lalu oleh Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo.‎

Warung makan milik orang tua Selvi itu menjual beraneka ragam menu kuliner. Di antaranya sambal belut, wader goreng, ayam kampung kremes, dan bebek kremes. Namun yang paling jadi andalan adalah sambal belut ayam goreng kremes. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini