Sukses

Liburan Paskah, Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik

Kendaraan roda empat yang diangkut di Pelabuhan Merak mengalami kenaikan 66 %. Atau 3.314 dari hari biasanya yang hanya 2.084 kendaraan.

Liputan6.com, Cilegon - Libur panjang memperingati Kenaikan Isa Almasih atau Paskah, membuat sebagian orang memilih berlibur di kampung halamannya. Seperti yang dialami Ika Mula, dia memanfaatkan liburan mudik ke Lampung, bersama sang kakak.

"Dari Jakarta mau ke Lampung, lumayan libur panjang. Mau ketemu keluarga saja," kata Ika, di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (3/4/2015).

Ika merupakan satu dari ribuan penumpang kapal di Pelabuhan Merak. Pelabuhan yang terletak di ujung barat Pulau Jawa ini diprediksi akan mengangkut sekitar 6 ribu penumpang selama masa libur Paskah.

"Ribuan penumpang maupun kendaraan berjalan tertib dan semua terangkut naik ke atas kapal untuk diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni," kata Humas ASDP Cabang Merak, Mario S Utomo.

Menurut Mario, Pelabuhan Merak mengalami peningkatan jumlah penumpang mencapai 100%, atau naik 6.689 penumpang dari hari biasanya yang hanya sekitar 3 ribu penumpang. Sedangkan kendaraan roda empat yang diangkut di Pelabuhan Merak, mengalami kenaikan 66%, atau 3.314 dari hari biasanya yang hanya 2.084 kendaraan.

Sedangkan kendaraan roda dua mengalami peningkatan mencapai 1.630 unit, dari hari biasanya yang berjumlah 534. "Meski pun ada lonjakan penumpang dan kendaraan, hingga kini tidak ada antrean panjang. Kita (ASDP Cabang Merak) mengerahkan 28 kapal Ro-Ro," tandas Ika.

Kepadatan lalu lintas, khususnya kendaraan roda empat juga terlihat padat ke jalur Pantura, Bandung, dan Puncak Bogor. Masyarakat Ibukota banyak yang memanfaatkan liburan ke luar kota. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini