Sukses

Hujan, Banjir Kepung Wilayah Bandung dan Sumut

Banjir dengan ketinggian lebih dari 1 meter atau mencapai atap bangunan rumah di Bandung. Ratusan rumah di Sumut terendam banjir.

Liputan6.com, Bandung - Banjir akibat luapan Sungai Citarum kembali mengepung wilayah Kampung Cieunteung, Kecamatan Balendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (2/4/2015), hujan deras yang mengguyur sepanjang Rabu malam kemarin 1 April 2015 membuat pemukiman warga terendam banjir.

Banjir dengan ketinggian lebih dari 1 meter atau mencapai atap bangunan rumah. Untuk beraktivitas, para warga terpaksa harus menggunakan perahu sebagai sarana transportasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung memprediksi ada sekitar 1.200 unit rumah warga di Dayeuhkolot dan Baleendah yang terendam banjir. Selain pemukiman warga, banjir juga telah memutuskan akses jalan utama di wilayah selatan yang menghubungkan Kota Bandung.

Sementara di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, 5 desa untuk sementara waktu terisolasi akibat luapan Sungai Batang Pane. Ratusan rumah di wilayah itu terendam banjir. Akses jalan yang menghubungkan Sumatera Utara dengan Sumatera Barat juga terendam air sepanjang 2 km.

Antrean panjang kendaraan terjadi di Jalan Lintas Sumatera di kawasan Desa Portibi hingga Desa Pasir Pinang. Selain jalan raya, banjir juga mengancam rencana panen 50 hektar sawah di Kecamatan Portibi. (Vra/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.