Sukses

Donor Darah saat Car Free Day Tembus Rekor Dunia

Hal ini diungkapkan secara tersirat oleh pendiri Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana.

Liputan6.com, Jakarta - Acara donor darah yang digelar ormas sayap PDIP Taruna Merah Putih (TMP) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mencetak rekor. Hal ini diungkapkan secara tersirat oleh pendiri Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana.

"Rekor ini diajukan sebagai rekor Indonesia. Setelah diteliti dengan berat hati. Kami harus menolak rekor ini. Karena rekor ini tidak layak dinobatkan," kata Jaya di acara Car Free Day, bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/3/2015).

Mendengar hal itu, para peserta pun sempat terdiam. Jaya langsung melanjutkan kata-katanya.

"Karena di dunia belum pernah ada, maka ini rekor dunia. Sebetulnya sudah banyak yang mau lempari saya, untung mereka tunggu dan dengarkan saya sampai selesai. Di dunia belum pernah ada, di Cina, Rusia, belum pernah ada acara donor darah 25 kota atau nanti katanya 50 kota serentak untuk ajak masyarakat jadi pedonor darah," imbuh dia.

Acara yang digelar seretak di 25 kota se-Indonesia itu dinyatakan sebagai donor darah terbanyak di Indonesia.

Jaya Suprana menuturkan, penghargaan ini juga sebagai pelipur lara bagai Ketua TMP Maruarar Sirait yang gagal menjadi menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK. Pernyataan ini pun tak pelak mengundang tawa peserta.

"Ini hiburan Anda nggak jadi menteri, tapi rekor dunia. Ini saya tarik kembali piagamnya, ini simbolis, karena tulisannya masih rekor dunia," ungkap Jaya.

Menurut Jaya, acara seperti ini banyak dilakukan menjelang kampanye. Dengan digelarnya acara ini, menandakan kepedulian politisi tidak hanya selama masa kampanye, atau sekadar menarik simpati rakyat.

"Saya katakan bahwa ini bukan kampanye. Menurut saya nggak pernah kampanye selama tujuan luhur. Ini betul-betul dibutuhkan bangsa Indonesia," tandas Jaya.

‎Acara donor darah ini dihadiri Wakil Presiden sekaligus Ketua PMI Jusuf Kalla, Ketua Harian PMI Ginandjar Kartasasmita, Ketua PMI Jakarta Rita Sutiyoso, dan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.