Ketua MUI: ISIS Ancaman Umat Manusia

Oleh Silvanus Alvin pada 23 Mar 2015, 16:10 WIB
Diperbarui 23 Mar 2015, 16:10 WIB
MUI Temui Presiden Jokowi di Istana
Perbesar
Ketua Umum MUI, Prof Dr Din Syamsuddin memberi keterangan kepada wartawan seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/2/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum MUI Din Syamsuddin menegaskan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) harus diwaspadai semua pihak, termasuk dunia internasional. Ia menyebut ISIS termasuk sebagai ancaman bagi umat manusia.

"ISIS memang ancaman yang tidak hanya kepada umat Islam tapi juga umat manusia. Karena apa yang mereka lakukan, sungguh membahayakan peradaban dan sekaligus merusak Islam,‎" kata Din di JIExpo, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Din menuturkan, ISIS harus dihadapi secara komprehensif. Sebab, kelompok radikal negatif tersebut memakai ayat-ayat untuk membenarkan tindakan brutal dan kejinya.

"‎Ideologi radikal seperti ISIS dan terorisme ini memang ada pemahaman keagamaan yang sangat literal, harfiah, dan hanya menyebut ayat-ayat yang tidak dipahami secara luas dan menyeluruh hingga mendapatkan kesimpulan yang keras dan radikal," papar dia.

Karena itu, Din meminta seluruh ulama dan tokoh agama untuk bekerja sama meluruskan umat dari pemahaman yang salah. Sulit bila hanya mengandalkan BNPT dan Densus 88 semata.

"Kalau tangani terorisme dengan cara yang ada sekarang oleh BNPT dan khususnya Densus 88, saya yakin nggak akan bisa menghilangkan terorisme itu, bahkan akan tumbuh subur," tegas Din.

Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono menambahkan, ‎situasi yang dihadapi terhadap ISIS disebutnya sebagai ambang dari perang sipil. Ia menegaskan pentingnya seluruh masyarakat bersatu menumpas terorisme.

"Kita diambang perang sipil, kita semua masyrakat bahu-membahu menanggulangi ancaman terorisme, kita tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, keamanan kita tanggung jawab kita sendiri," tandas Hendropriyono. (Ali/Mut)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya