Sukses

Gempa Pariaman Terasa Hampir di Seluruh Sumatera Barat

BPBD setempat menyatakan gempa bumi 6 SR terasa kuat mengguncang Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Liputan6.com, Pariaman - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan 6 skala Richter (SR) yang mengguncang Kota Pariaman pada hari ini pukul 17.37 WIB terasa hampir di seluruh kabupaten ataupun kota di Sumatera Barat.

"Gempa yang terjadi sekitar pukul 17.37 WIB mengguncang Pariaman dengan kekuatan 6 SR tidak menimbulkan gelombang tsunami dan hampir terasa di seluruh kabupaten atau kota di Sumatera Barat," ucap Staf Analisis BMKG Padangpanjang, Widya saat dihubungi dari Pariaman, Selasa (3/3/2015).

Namun sejauh ini pihak BMKG Padangpanjang belum bisa memastikan adanya kemungkinan gempa susulan. "Masyarakat diminta tetap waspada jika terjadi gempa. Segera keluar rumah untuk menyelamatkan diri," imbau Widya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Pariaman, Azrizal menyatakan gempa dengan kekuatan 6 SR terasa kuat mengguncang Kota Pariaman.

"Masyarakat ada yang keluar rumah saat gempa kekuatan 6 SR tersebut," ujar dia.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan gempa berkekuatan 6 SR itu tidak menimbulkan gelombang tsunami. "Getaran gempa cukup kuat dirasakan warga Pariaman, namun tidak menimbulkan gelombang tsunami."

Gempa yang dirasakan warga Pariaman tersebut belum diketahui apakah telah menimbulkan korban jiwa ataupun kerusakan rumah penduduk.

"Belum diketahui dampak kerusakan yang ditimbulkan dari kekuatan gempa 6 SR yang terjadi di Pariaman," pungkas Azrizal.

Berdasarkan data BMKG kekuatan gempa 6 SR tersebut terjadi pada hari ini atau Selasa 3 Maret 2015 sekitar pukul 17.37 WIB. Lokasi gempa berada 0,84 LS, 98,52 BT atau 179 kilometer barat daya Pariaman dengan kedalaman 26 km. Gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami. (Ant/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini