Sukses

Kalah Jadi Ketum, Hatta Rajasa Imbau 3 Hal kepada Kader PAN

Hatta Rajasa menegaskan tidak ada ancaman kepada pendukung atau kader PAN.

Liputan6.com, Nusa Dua - Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2015-2020, Hatta Rajasa gagal terpilih dalam Kongres IV di Nusa Dua, Bali. Namun dia tetap legowo dan bersyukur kongres dapat berlangsung dengan baik.

"Pertama mari kita mensyukuri bahwa kita telah melaksanakan kongres dengan baik. Walau pun ada di sana sini sedikit insiden namun kita bisa tuntaskan dengan baik," kata calon petahana itu di Hotel Hyatt Nusa Dua, Bali, Senin (2/3/2015).

Hatta juga mengimbau kepada seluruh pendukung dan kader PAN agar kembali bersatu pasca-kongres. "Saya mengajak kawan-kawan semua untuk bersatu kembali."

"Berkecamuk rasa sedih cukup 1 hari saja, setelah itu menatap masa depan bersatu kembali membesarkan partai yang kita cintai," sambung dia.

Hatta juga mengajak kepada seluruh pendukung dan kader PAN untuk kembali bekerja dengan baik. "Kembalilah ke daerah, susun barisan, kembali bangun partai dengan baik," imbau dia.

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengaku banyak mendengar laporan kekhawatiran pendukung dan kader PAN terhadap isu adanya Pelaksana Tugas (Plt) dan ancaman.

"Saya katakan tidak akan terjadi. jika itu terjadi saya akan membela kawan-kawan. Jika itu terjadi partai tersebut akan terpecah-belah. Kita tidak ingin terjadi itu di partai kita," tegas dia.

Hatta juga menampaikan ucapan terima kasih kepada para pendukung dan kader PAN, yang sudah mengawal selama 5 tahun kepemimpinanya. Termasuk juga kader yang tidak memilih atau mendukung pencalonan ketua umum dalam kongres kali ini.

"Saya tadi menyampaikan terima kasih khusus kepada yang mendukung saya. Ini dari lubuk hati saya yang paling dalam. Saya dan istri menggucapkan terima kasih sedalam-dalamnya, juga pada keluarga. Karena sudah lebih dari 1 minggu saya meninggalkan keluarga," pungkas besan SBY itu.

Hatta Rajasa gagal terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020 pada Kongres IV PAN di Nusa Dua, Bali. Zulkifli unggul tipis dari pesaingnya, Hatta Rajasa. Perolehan suara Hatta Rajasa 286 suara, Zulkifli 292 suara, selisih suara 6 dengan catatan 4 suara rusak dan total suara 582. (Rmn/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.