Sukses

Basarnas Serahkan Badan AirAsia ke KNKT

Basarnas resmi menyerahkan bangkai badan AirAsia ke KNKT.

Liputan6.com, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi menyerahkan bangkai badan Pesawat AirAsia QZ8501 ke Komite Nasional Keselamatan T‎ransportasi (KNKT). Penyerahan ini dilakukan secara simbolis dengan penandatanganan berita acara penyerahan oleh Kepala Basarnas Marskel Madya TNI FH Bambang Soelistyo dan Ketua KNKT Tatang Kurniadi.

Soelistyo mengatakan, bangkai badan pesawat ini merupakan bagian akhir dari operasi pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501.

"Skenario dari awal adalah mencari korban sebanyak-banyaknya, menemukan black box, dan terakhir badan pesawat," kata Soelistyo dalam pidatonya saat penyerahan di KN SAR Pacitan, Pelabuhan Indonesia II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, ‎Senin (3/2/2015).

Soelistyo menuturkan, selain untuk keperluan investigasi KNKT, badan pesawat tersebut juga untuk meyakinkan semua pihak bahwa sudah tidak ada lagi korban yang ditemukan. Baik itu jenazah utuh maupun bagian-bagian tubuh.

"Ini juga untuk meyakinkan bahwa pencarian sudah tidak ditemukan lagi bagian-bagian tubuh maupun jenazah korban," kata dia.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan, proses pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501 ini merupakan bukti kerja keras dari tim SAR gabungan. Terutama Basarnas yang bekerja tidak kenal menyerah selama 2 bulan terakhir.

"Ini salah satu bukti peristiwa penyelamatan AirAsia selama 2 bulan tidak kenal menyerah," pungkas Tatang. (Ndy/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.