Sukses

Gagal Jadi Ketum, Hatta Rajasa akan Rebut Kursi Ketua MPP PAN?

Meski Hatta disebut akan menduduki kursi ketua MPP, namun pendiri PAN Amien Rais ternyata menjagokan mantan ketua umum PAN Soetrisno Bachir.

Liputan6.com, Nusa Dua - Kursi Ketua Umum PAN periode 2015-2020 sudah menjadi milik Zulkifli Hasan. Meski jabatan tersebut sudah terisi, Kongres IV PAN masih belum berakhir. Ada agenda lain yang harus dijalankan yakni pembentukan formatur partai.

Dalam proses ini ada jabatan lain yang harus diperebutkan para kader PAN, yang tak kalah seksi dengan jabatan ketua umum (ketum), yakni ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP). Periode sebelumnya, ketua MPP dijabat Amien Rais.

Muncul pertanyaan, apakah jabatan itu akan diisi Hatta Rajasa yang gagal melaju kembali sebagai ketua umum PAN? Peluang Hatta duduk di kursi Ketua MPP memang masih ada. Apalagi ketua umum terpilih, Zulkifli Hasan, telah memberikan sinyal itu dalam pidato kemenangannya.

"‎Pak Hatta akan diposisikan di tempat yang mulia di PAN," kata Zulkifli di Hotel Melia, Nusa Dua, Bali, Senin (2/3/2015). Namun, Ketua MPR itu tidak menjelaskan apakah tempat mulia yang dimaksud adalah ketua MPP.

Meski Hatta digadang-gadang akan menduduki kursi ketua MPP, namun pendiri PAN Amien Rais ternyata menjagokan mantan ketua umum PAN Soetrisno Bachir.

‎"Saya ingin katakan ada pepatah, sejarah akan berulang kembali. Ketika saya ketum, sekjennya Pak Hatta. Ketika Mas Tris (Soetrisno Bachir) ketum, sekjennya Zulkifli. Ketika Mas Hatta ketum, saya MPP. Nah kalau Pak Zulkifli ketum kira-kira lho, siapa MPP? Saya kira sejarah berulang," ungkap Amien.

Saat menyampaikan pernyataan tersebut, Amien sedikit melirik ke arah Soetrisno Bachir. Para pendukung yang hadir juga meneriakan nama Sutrisno Bachir. "Mas Tris! Mas Tris!" (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini