Sukses

BW Pimpin Aksi Akademisi Bersihkan Pos Polisi Bundaran HI

Aksi yang digelar saat hari bebas kendaraan bermotor itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjajanto.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akademisi dari berbagai Universitas Negeri meramaikan aksi bersih-bersih di Pos Polisi Lalu Lintas Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta pada Minggu (22/2/2015) pagi. Aksi ini sebagai simbol untuk membangun Polisi bersih dan menyelamatkan KPK.

Aksi yang digelar saat hari bebas kendaraan bermotor itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjajanto dan anggota Tim 9 Imam Prasojo. Pantauan Liputan6.com, Bambang dan Imam turun langsung mengomandoi membersihkan pos polisi yang berada di area Bundaran HI. Mereka terlihat mengamplas selurus sudut tembok pos polisi lalu lintas yang berbentuk bundar itu.

Setelah mengamplas seluruh sudut pos itu, mereka mengecat ulang dengan warna putih. Bambang dan Imam tampak cukup antusias mengecat sudut-sudut pos polisi tersebut.

Alumni Fakultas Hukum UI Tommy Olii mengatakan, aksi ini sengaja dilakukan sebagai bentuk keprihatinan atas adanya kasus dugaan suap oleh Polisi lalu lintas di Bundaran HI dari supir bus Kopaja.

"Kami lakukan bersih-bersih di sini karena pos ini sebagai simbol polisi kotor, di sini baru-baru ini banyak sopir bus melempar uang (suap)," ucap Tommy.

Sebagai warga, ia sangat menyayangkan masih banyak polisi yang korup dan bahkan itu terjadi di tengah-tengah pusat kota. "Ini jalan protokol lho, masih saja berani korupi," tambah Tommy.

Setelah mencat ulang pos polisi itu, mereka memasang plang didinding bagian atas pos bertuliskan, "Masyarakat dan Polisi Saling Menjaga Kejujuran". (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.