Sukses

Polisi Siapkan Regu Tembak untuk Terpidana Mati Asal Spanyol

Raheem Agbaje Salami ditangkap di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur pada 1999 karena narkoba.

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiapkan regu tembak untuk rencana eksekusi terpidana mati Raheem Agbaje Salami. Warga negara Spanyol yang terjerat kasus narkoba itu saat ini menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Madiun, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, pihaknya menyiapkan beberapa rencana terkait pelaksanaan eksekusi mati tersebut, di antaranya menyiapkan tim pengawalan untuk rute pemindahan dan juga regu tembak yang ditunjuk.

"Kami siapkan tim eksekutor dari Brimob. Dan yang jelas kami siap, berapapun personel yang dibutuhkan untuk pelaksanaan eksekusi," tutur Awi di Surabaya, Sabtu (21/2/2015).

Kejaksaan Tinggi Jawa Timur juga sudah siap memindahkan Raheem dari Lapas Kelas II A Madiun, Jawa Timur ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Raheem Agbaje Salami ditangkap di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur pada 1999. Dia kedapatan menyelundupkan heroin ke Indonesia. Dalam proses pengadilan dia dijatuhi vonis hukuman mati.

Dia lalu mengajukan grasi. Namun, permohonan keringanan hukuman ke Pemerintah Indonesia ditolak.

Beberapa waktu lalu, Kejagung menunda eksekusi 2 terpidana mati yang tergabung dalam sindikat Bali Nine yaitu Myuran Sukumaran dan Andrew Chan. Hal itu sebagai wujud respons permintaan Australia dan keluarga.

Sedianya Kejagung akan mengeksekusi 11 terpidana mati yang sudah ditolak permohonan grasinya. 11 Terpidana mati itu adalah:

1. Syofial alias Iyen bin Azwar (WNI) kasus pembunuhan berencana
2. Mary Jane Fiesta Veloso (WN Filipina) kasus narkoba
3. Myuran Sukumaran alias Mark (WN Australia) kasus narkoba
4. Harun bin Ajis (WNI) kasus pembunuhan berencana
5. Sargawi alias Ali bin Sanusi (WNI) kasus pembunuhan berencana
6. Serge Areski Atlaoui (WN Prancis) kasus narkoba
7. Martin Anderson alias Belo (WN Ghana) kasus narkoba
8. Zainal Abidin (WNI) kasus narkoba
9. Raheem Agbaje Salami (WN Cordova) kasus narkoba
10. Rodrigo Gularte (WN Brazil) kasus narkoba
11. Andrew Chan (WN Australia) kasus narkoba

(Mvi/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini