Sukses

Panglima TNI Kirim 1 Batalyon untuk Misi Perdamaian PBB di Angola

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan TNI akan mengirimkan 1 batalyon untuk misi perdamaian PBB di Angola.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan TNI akan mengirimkan 1 batalyon untuk misi perdamaian PBB di Angola. Hal ini diakuinya sebagai permintaan khusus dari PBB.

"Ada susulan permintaan dari PBB, 1 batalyon untuk menjaga perdamaian di Angola," ujar Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/2/2015).

Ia juga berharap Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar negara yang mengirimkan prajurit terbanyak untuk mengemban misi (PBB) dengan mengirim 4.000 prajurit hingga tahun 2016.

"Saya berharap kita bisa mencapai target 2016, menugaskan 4.000 prajurit di sana, sehingga nanti kita bisa masuk 10 besar dunia," imbuh dia.

Menurut Moeldoko, jika harapannya tercapai, maka dunia akan merasakan peranan yang besar dari Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia. Selain itu, Moeldoko ingin agar para prajurit memiliki pengetahuan yang luas dan dapat membagikan pengalaman mereka kepada prajurit TNI yang lain.

"Jika kita berhasil mengirim 4.000 prajurit di sana, maka akan sangat terasa kontribusi Indonesia dalam menciptakan perdamaian di dunia. Selain itu, saya tak ingin prajurit saya seperti katak dalam tempurung. Mereka harus bergabung dengan pasukan negara lain untuk mengerti posisi mereka sebagai penegak keamanan negara," ucap dia.

"Saya tak ingin prajurit TNI hanya latihan dan latihan di home base (markas) tetapi tidak ada kesiapsiagaan. Jadi mereka harus dikirim ke daerah rawan konflik yang memicu adrenalin mereka," demikian Moeldoko. (Tya/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.