Polisi Bongkar Pabrik Bakso Daging Celeng di Bandung

Oleh Kukuh Saokani pada 13 Feb 2015, 07:29 WIB
Diperbarui 13 Feb 2015, 07:29 WIB
Daging Celeng+Daging Glonggongan
Perbesar
(Liputan6 TV)

Liputan6.com, Bandung - Polisi membongkar praktik pembuatan bakso menggunakan daging celeng di sebuah pabrik rumahan di Cijawura Hilir, RT 07/10 , Kelurahan Cijawura, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat Kamis 12 Februari 2015.

Kapolsekta Buah Batu Kompol Widi Margono mengatakan, pengungkapan ini bermula dari laporan masyarakat yang curiga dengan aktivitas yang dilakukan di dalam pabrik.

"Kita dalami selama 3 hari dan kita gerebek," kata Widi Margono saat ditemui di Mapolsekta Buah Batu, Kamis (12/2/2015).

Dalam penggerebekan tersebut, polisi menyita 40 kg bakso campuran daging sapi dan daging celeng. Selain itu, 140 kg daging celeng mentah ditemukan dengan kondisi masih dibungkus.

"Kita sudah pastikan itu daging celeng (bakso). Daging celeng mentah itu dilumuri darah sapi segar untuk mengelabui," tutur dia.

Widi menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan dan telah memeriksa beberapa orang saksi. "Untuk kasus ini kita amankan 2 orang. Masih didalami," pungkas Widi Margono.

Pada beberapa waktu lalu, pengiriman daging celeng atau babi hutan ilegal seberat 4 ton ke wilayah Jawa Tengah digagalkan petugas dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak di dermaga I.

Daging celeng yang diangkut truk bernopol AD 1924 AV tersebut berasal dari Palembang dan akan dikirim ke Boyolali, Jawa Tengah. (Mvi)